Pantau Pembangunan Irigasi Air Tanah Dangkal di Desa Bangka Kenda-Wae Ri’i, Bupati Nabit Minta Kelompok Tani Gunakan Dengan Bijak

Birokrasi Daerah Infrastruktur Pertanian

Wae Ri’i-Ruteng, TOPNewsNTT|| (Selasa, 10 Oktober 2023) Bupati Manggarai Herybertus G. L Nabit, S.E.,M.A, memantau pembangunan irigasi air tanah dangkal di Kelompok Tani Suka Maju di Desa Bangka Kenda, Kecamatan Wae Ri’i pada Selasa (10/10) siang.

Bupati Hery diterima oleh Kepala Desa Bangka Kenda Ibu Yustina Yasinta, Ketua Kelompok Tani Desa Bangka Kenda Dedianus Jehaman, dan sejumlah petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Suka Maju Kenda.

Kunjungan Bupati Hery Nabit di lokasi hortikultura itu untuk memastikan sumur bor yang telah selesai pengerjaannya pada bulan September 2023 lalu berfungsi dengan baik. Proyek ini berasal dari Dana Alokasi Khusus atau DAK melalui Dinas Pertanian Kabupaten Manggarai tahun 2023 dengan kedalaman berkisar 52 meter dari permukaan tanah.

Pembangunan sumur bor ini merupakan langkah pemerintah untuk mengatasi kekurangan air di wilayah itu baik untuk air minum bersih maupun untuk kebutuhan lahan pertanian warga setempat.

Kepada para anggota kelompok Tani Suka Maju Kenda, Bupati Hery Nabit meminta agar menggunakan air tanah itu dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk ketersediaan air minum bersih dan digunakan untuk mengairi lahan pertanian warga.

Kelompok Tani Suka Maju Kenda ini mengelola lahan pertanian seluas 5 Are. Di dalam areal tersebut ditanami berbagai jenis tanaman seperti kacang panjang dan tomat.

“Tahun ini kami tanam Kacang Panjang sebanyak 3.600 pohon dan Tomat sebanyak 4.000 pohon,” ungkap Dedianus Jehaman.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah yang telah membangun proyek irigasi air tanah dangkal ini sehingga bisa membantu para petani khususnya pada musim kemarau ini.

Sebagaimana diketahui bahwa wilayah Kenda Kecamatan Wae Rii ini merupakan salah satu sentra sumber hortikultura di Kabupaten Manggarai. Setidaknya ada 24 Kelompok Tani di wilayah itu dan mensuplai kebutuhan berbagai jenis sayuran baik di pasar Inpres Ruteng maupun ke luar kabupaten Manggarai.**

#sp prokopim manggarai