Meriahkan HUT RI Ke 78 dan Tingkatkan Core Value ASN, Balai POM Kupang Gelar OPO 2 2023

Balai POM Birokrasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT||Balai Pengawasan Obat dan Makanan Area Kupang dalam rangka merayakan HUT RI ke 78 Tahun, membina keakraban intra staf, menggali potensi olahraga staf, dan memberikan keseimbangan jasmani dan rohani staf Balai POM Area Kupang, menggelar kegiatan OPO (Outbound Programme 2 ) 2023  di halaman kantor Balai POM Kupang (Jumat, 11/8).

Kepala Balai POM Kupang Tamran Ismail, S.Si., MP menjelaskan bahwa kegiatan ini dinamakan OPO atau Outbound Programme, yakni merupakan salah satu program yang dikembangkan oleh tim Agen of Change atau AOC Balai POM Kupang.

“Inovasi ini dimaksudkan untuk mengimplementasikan core value ASN Berakhlak khususnya untuk adaktive, harmoni dan kolaboratif.” Jelas Kepala Balai POM, Tamran Ismail.

Kegiatan OPO biasanya dilaksanakan dua kali setahun yang disesuaikan dengan road mape dalam setahun tim AOC yakni pada bulan Pebruari (OPO 1)  yang berhubungan dengan moment HUT Badan POM, dan OPO 2 yang dilaksanakan pada bulan Agustus dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ( setiap bulan Pebruari dan Agustus).

“Mekanisme untuk OPO 1 Pebruari 2023 sudah dilaksanakan secara Outbound yakni di Nekamese, dan OPO 2 2023 yang saat ini kami  sedang dilaksanakan secara indoor yakni di halaman kantor Balai POM di Kupang.” Jelasnya.

Manfaat yang diharapkan dari kegiatan OPO 2 2023 ini, lanjut Pak Tamran,  yaitu selain untuk mengimplementasikan Core Value ASN Berakhlak, juga untuk merayakan HUT RI Ke 78 tahun 2023.

“Dan yang lebih penting lagi adalah untuk meningkatkan enggagement (keterikatan) antara semua pegawai Balai PPM di Kupang. Artinya dengan memiliki enggagement yang tinggi artinya hubungan internal antara PNS maupun non PNS pada Balai POM di Kupang menjadi satu, chemistri-nya dapat sehingga bisa meningkatkan kinerja organisasi.” Jelasnya lbih rinci.

Senada dengan Kepala Balai POM Kupang, Ketua Panitia OPO 2023 Ferdian Dwi Armanto (Staf Ahli Muda Seksi Periksaan menambahkan bahwa kegiatan OPO 2 2023 digelar juga untuk menggali potensi dan bakat pegawai dibidang olahraga.

Dalam OPO 2 2023 ini digelar permainan Futsal Mini, Voley Mini balon, tenis meja, catur dan e sport. Ada 7 cabor dan pada 17 Agustus ditutup dengan Fashion Show dan akan diumumkan juara dan pemberian hadiah bagi juara umum dari seluruh pertandiangan akan diberi hadiah dan piala.

“Lewat kegiatan ini kita berharap akan muncul bakat olahraga dari pegawai dan juga me-refresh mental, pikiran dan tubuh para pegawai. Ada 80 perserta yang merupakan pegawai Balai POM Kupang. Selain kita fokus kerja kita harus didukung jasmani yang sehat.” Ujarnya.|| jbr