Lulus Jadi Penguji Tingkat Nasional Cabor Taekwondo, Fransisco B.Bessi Optimis Taekwondo NTT Akan Maju

Figur Nasional Olah Raga

Bogor, TopNewsNTT|| “Saya optimis dengan adanya penguji Nasional dan wasit nasional dari Taekwondo Indonesia pengprov NTT akan jadi pemicu meningkatnya prestasi atlet Taekwondo NTT pada ajang bergengsi seperti Pekan Olah Naaional (PON) dan lainnya.” Ujar Fransisco Bernando Bessi S.H, M.H, CME,, CLA,, optimis kepada media ini menanggapi  kelulusan sebagai penguji tingkat nasional cabang olahraga (cabor) Taekwondo (Rabu, 2/8).

Perlu diketahui Fransisco Bernando Bessi merupakan pemegang sabuk hitam DAN IV Kukkiwon. Selain Fransisco Bessi, NTT juga punya Ferdinandus Dacunha, selaku sabuk hitan DAN V dari Kabupaten Sikka yang juga dinyatakan lulus sebagai penguji tingkat nasional cabang olahraga (cabor) Taekwondo. “Kita patut berbangga karena dari provinsi NTT saat ini punya dua penguji tingkat nasional cabor Taekwondo.” Cetus Fransisco bangga.

Fransisco mengatakan bahwa mereka, dua penguji tingkat nasional asal NTT ini lulus setelah mengikuti pendidikan penguji yang digelar oleh pengurus besar Taekwondo Indonesia di Bogor pada Maret 2023 lalu.

Fransisco Bernando Bessi S.H, M.H, CME,, CLA., yang juga menjabat Ketua TI NTT,  mengaku sangat bangga dengan penambahan 2 Penguji Nasional asal NTT ini, karena akan  sangat berdampak pada peningkatan kualitas SDM atlet Taekwondo.

“Kami bangga karena selama ini di provinsi NTT belum ada penguji Nasional Taekwondo, sekarang sudah ada,” ujarnya tersenyum.

Kehadiran dua penguji ini, tambah Fransisco merupakan mimpi besar pemerintah provinsi NTT khususnya pada cabang olahraga Taekwondo terkait peningkatan SDM, kualitas atlet-atlet terkait peningkatan sabuk sudah ada jawabannya karena sudah ada Penguji Nasional yang berasal dari NTT.

Selain penguji Nasional, Taekwondo NTT juga patut berbangga karena sudah memiliki 2 wasit nasional Kyorugi yakni Fransisco Bernando Bessi dan sabeum Ferdi dari Kabupaten Sikka.
Baca Juga: Buat yang Lagi Cari Mobil Bekas, Berikut Daftar Harga Mobil APV Arena Cukup dengan Modal Rp100 Jutaan

Yang membanggakan, Fransisco Bernando Bessi  merupkan satu-satunya wasit yang memegang lisensi wasit nasional poomsae di Nusa Tenggara Timur.||jbr