KSP Kopdit Swasti Serahkan Bantuan CSR Berupa Beras 1 Ton dan Sembako lainnya Bagi Pengungsi Korban Erupsi Gunung Lewo Tobi-Flotim

Uncategorized

FLORES TIMUR, TOPNewsNTT.com|| Minggu,  21 Januari 2024, managemen KSP KOPDIT Swasti Sari yang diwakili Kasmirus Kopong,S.pd (Wakil General Manager) melakukan  Penyerahan Bantuan (CSR) berupa 1 ton beras dan barang kebutuhan lainnya kepada Korban Erupsi Gunung Lewo Tobi di Posko Utama Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Lewo Tobi dari Kopdit Swasti Sari kepada Pemerintah Kabupaten Flores Timur di Desa Konga,  Kecamatan Tite Hena.

Penyerahan bantuan diserahkan oleh Wakil General Manager Kopdit Swasti Sari Kasmirus Kopong kepada Camat Ile Bura Yan Tukan.

Saat itu Wakil General Manager Kasmirus Kopong di damping anggota Pengawas Kopdit Swasti Sari Ola Mangu Kanisius, bersama manajemen Cabang Larantuka, Cabang Adonara dan Cabang Maumere.

Kepada media Kasmirus Kopong menjelaskan bahwa bantuan ini merupakan CSR (bantuan sosial) kedua KSP KOPDIT Swastisari bagi pengungsi korban Erupsi Gunung Lewotobi, Flores Timur sejak terjadi erupsi.

“Bantuan ini menyasar kepada warga pengungsian terutama bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak bayi dan balita karena kelompok ini rentan terhadap sakit.” Jelasnya.

Ia menjelaskan dasar pemberian bantuan yakni fakta bahwa Kopdit Swasti Sari yang selama ini tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat dan oleh dukungan masyarakat sehingga sangat penting bagi kopdit ikut merasakan penderitaan sesama yang dilanda bencana dan turut meringankannya,

“KOPDIT Swasti Sari hidup dan bertumbuh di tengah masyarakat dan dapat ikut merasakan suasana yang di alami masyarakat saat ini. Pemberian bantuan ini menunjukan bahwa Kopdit Swasti Sari melaksanakan fungsi sosial, mengambil peran bertanggung jawab terhadap masyarakat korban Erupsi gunung Lewo Tobi.” Ujar wakil GM  Kasmirus Kopong.

Ia menambahkan saat ini korban erupsi yang masih tinggal di tenda-tenda pengungsian pasti mengalami dampak psikis, ekonomi dan sosial dan ia berharap dengan kehadiran Swasti Sari semoga memberikan semangat baru untuk bangkit dan melanjutkan perjuangan hidup.

“Bencana ini hadapi dengan lapang dada sambil mengucapkan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, pencipta alam semesta beserta isinya. Pemberian bantuan hari ini merupakan tahap kedua. Tahap pertama diserahkan di Posko pengungsian Boru pada tanggal 13 Januari 2023.” Jelas Kasmirus Kopong.

Pada kesempatan tersebut, setelah penyerahan bantuan, wakil General Manager Kopdit Swasti bersama Pengawas Ola Mangu Kanisius dan manajemen cabang melakukan kunjungan di Kantor Kas Boru yang pelayanannya ditutup sejak dari tanggal 3 Januari 2023 sampai hari ini dikarenakan erupsi gunung Lewotobi.

Wakil General Manager juga sempat melakukan berdialog dengan warga desa Duli Pali di tenda pengungsian dan berdialog juga dengan Tagana yang mengelola Dapur Pengungsiaan.

Kasmirus menyatakan dalam pengamatannya, di kamp pengunsian, kebutuhan mendasar warga terlayani dengn baik dengan tersedianya  2 dapur umum yang 1 dikelola oleh TNI AD Korem 161 Wira Sakti dan odim 1624 Flores Timur serta sebuah dapur umum lainnya dikelola oleh Tagana Kementerian Sosial. Kebutuhan air minum dilayani melalui program Pamsimas desa Konga dan 1 unit watergun dari Polda NTT, mck 6 unit, 4 unit camp pembelajaran darurat dari kementerian Pendidikan diperuntukan utk rombongan belajar PAUD, SD dan SMP. Namun karena erupsi masih terus berlanjut, tentu kebutuhan habis pakai terus harus ditambahkan hingga selesai erupsi dan pemukiman warga dinyatakan aman untuk ditinggali lagi.|| jbr