Kantor Cabang Kopdit Suka Damai Kota Kupang Resmi di Launching, Bangun Ekonomi Masyarakat

Birokrasi Koperasi Warta Kota

KUPANG, TOP News NTT■■ Kopdit Suka Damai Cabang Kupang dilaunching pada Jumat, 11 September 2020 yang  dihadiri oleh Kepala Koperasi Dan Transmigrasi Provinsi NTT Selvya Peku Djawang, Wakil Walikota Kupang Hermanus Man,.Wakil Bupati Mangarai Barat Maria Geong.

Foto bersama semua Pengurus KSD dengan Wakil Bupati Manggarai Barat.de.Maria Geong

Maria Geong menyatakan bahwa Kopdit Suka Damai sudah 21 tahun dengan aset 81 milyar lebih akan memberikan kontribusi yang besar juga bagi masyarakat Kota Kupang. Ia menyatakan bahwa dengan wakil walikota berasal  dari Manggarai menandakan bahwa banyak orang Manggarai di Kota Kupang sehingga akan mendatangkan anggota yang cukup besar.

Dengan hadirnya koperasi ini Maria berharap dapat memberikan kontribusi yang besar bagi kota Kupang.”Kami berterima kasih karena pemerintah Kota Kupang mau menerima kehadiran KSD untuk kembangkan sayap.” Tandasnya.
“Ini kantor cabang kelima saya tahu persis karena setiap peresmian kantor cabang saya selalu hadir.” Ujarnha.

Kepada pengurus koperasi Maria ingatkan kita sudsh masuk era 0.4 maka harus terus kembangkan diri sdm dan managemen pengelolaan koperasi agar bisa diwariskan kepada anak.cucu sehingga bisa wujudkan mimpi bersama sejahterakan masyarakan dan twrutama anggota.

ASIH yang kuat menolong yang lemah, atau sistem kerja gotong royong dalam pembangunana ekonomi anggota lewat koperasi. Manfaatkanlah lembaga koperasi untuk mendukung seluruh mimpi.

ASAH dan ASUH, seperti firman Tuhan “mencari domba yang hilang.” Saya harap koperasi jika ada anggota macet bayar maka pergi cari tahu alasan dan kendala. Jangan puas dengan yang 99 yang hadir, harus cari domba satu yang hilanh agar kembali aktif senagai koperasi.

Selektif yaitu dalam pemberian kredit jangan untuk kebutuhan konsumtif saja, tapi untuk kebutuhan penting.
“Bawalah diri dengan baik, karena kita dari daerah seperti peribahasa, if u in Roma, be Romans” semoga kehadiran KSD memberi persahabatan yang baik dna menjadi koperasi terbaik.” Tandas Maria diakhir sambutan.

Sedangkan Wakil walikota dr.Hermanus Man dalam sambutannya menyatakan proficiat atas kehadiran KSD di Kupang.
“Walau masih dalam masa mencekam pandemi, dan kita semua sedang dalam ketakutan, namun dengan kehadiran KSD di Kupang, memberi energi baru yang harus kita tiru yakni walau ditengah pandemi kita boleh ada rasa takut, namun ketakutan yang produktif menghasilkan banyak krisis berbahaya dan hal kedua adalah peluang.” Ujar Wawali Herman.

“Namun jangan takut karena ada peluang di kota kupang. Karena anggota koperasi dan jumlah koperasi belim banyak sehingga masih ada kesempatan bagi KSD untuk memiliki anggota, tapi saya harap. tetap memakai cara elegan untuk mencari anggota.” Ujar Wawali Herman.

Buat kegiatan pelatihan produktif nanti pemkot dan dinas koperasi akan bantu.
Dan layani permintaan kredit usaha dari anggota yang sudah dilatih, buat break event point.Intinya pemkot Kupang akan dukung asalnya anggota sejahtera.” Tegas Wawali Herman.

Sementara itu Kepala Kepala Dinas Koperasi dan Transmigrasi Provinsi NTT mewakili Gubernur NTT menyatakan bahwa persesmian hari ini adalah sebuah peristiwa berharga dalam mendukung pembangunan ekonomi NTT.
“Pandemi memaksa kita untuk jangan takut tapi tetap produktif,  sehingga pandemi tidak menenggelamkan kita.

Walau kita akui bersama bahwa tidak.mudah koperasi berkembang dalam masa pandemi. Karena banyak sekali lembaga keuangan terutama kopdit meminta relaksasi dan suntikan dana. Dan jika KSD bisa ekspansi ke Kota Kupang adalah sebuah kondisi yang luar biasa. Dan KSD dapat menjadi koperasi primer prov. 379 kopdit dilaporkan alami masalah setelah pandemi. Harus ada kebijakan agar kopdit tidak kolaps. Bahkan kami harap kSD bisa masuk ke sektor riil dan akan beri komunikasi dan koordinasi sna pembinaan dan aspek teknis agar masuk ke sektor riil dan dukung untuk digitalisasi. Karena aser dan usia serta managemen sudah bagus.” Ujar Silvya mengakui.

Karena peran koperasi sangat membantu rumah tangga dalam menyekolahkan  anak sekolah  dan menolong rumah tangga tetap ada makanan,  maka semua pihak harus mendukung penuh.
“Pemprov sangat beri penghargaan atas ekspansi KSD ke Kupang. Kita  berharap.agar ada koordinasi yang lancar untuk bisa dilaksanakan penandatanganan prasasti, karena ada nilai sejarahnya.

Pemprov NTT support semua Kopdit dan saya  ajak kopdit yang masih ada di Manggarai untuk ekspansi ke Kupang.”Tandasnya.

Silvya menyatakan Pemprov.NTT berencana kedepan  juga akan membuka pelatihan untuk wira usaha pemula bagi barista Manggarai. Dan pemprov NTT sudah lakukan kerjasama saat kunker yang sedang berlangsung.Karena sektor riil sangat menjanjikan percepatan pertumbuhan ekonomi masayrakat .” Ajak Silvya.

Silvya Pekujawang mewakili gubernur NTT sekaligus meresmikan kantor cabang KSD Kupang.■■ juli br