KadisPendik NTT Akui Masih Dikaji, Aturan Masuk Sekolah Jam 05.00 wita Berubah Ke Jam 05.30 wita

Birokrasi Hukum & Regulasi Pendidikan Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Pemprov.NTT melalui Kepala Biro Adminiatrasi dan Pimpinan setda NTT dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT menggelar press confresĀ  terkait penetapan jam masuk sekolah pukul lima (05.00 wita) pagi bagi siswa-siswi 10 SMA/SMK di kota Kupang yamg sudah diberikan beberapa media dan mendapat pro dan kontra dari masyarakat luas.

Karo Administrasi Pimpinan Setda NTT Prisilia Pareira menjelaskan tujuan pertemuan dengan media, “Bahwa pasca kunjungan gubernur NTT pada 23 Pebruari 2023 ke Dinas Pendidikan NTT disana dihadiri oleh kepala dinas dan kasek perwakilab sekolah-sekolah.”

Ia menambahkan, “Gubernur mempunyai perhatian serius mengenai pendidikan dari awal masa pemerintahan gubernur dan wakil gubernur beliau selalu menekankan untuk NTT masuk dalam 200 Sekolah Unggul di Indonesia.”

Menurutnya, anggaran khusus tahun 2023 konsentrasi pada pendidikan sangat besar, danĀ  untuk menjawab anggaran yang besar itu Gubernur NTT ingin ada sekolah yang dijadikan Sekolah Unggulan dan dijadikan uji coba 2 sekolah sebagai Sekolah Unggulan yakni unggul secara pengetahuan dan karakter.

Dari Sekolah Unggulan akan ada kerja sama tidak hanya dengan SMA/SMK tapi juga untuk PT sehingga siswa dilatih khusus dalam pebdidikan unggul untuk peroleh standar nilai yang baik.

Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan NTT Linus Lusi menjelaskan bahwa perihal 10 sekolah (SMA/SMK) yang masuk sekolah jam 05.00 wita pagi jadi perhatian publik.

Gubernur NTT, lanjutnya dalam kunjungan pada Kamis, 23/2 mengatakan mengurus manusia tidak gampang. Harus ada cinta dan hati dan didampingi. Tanpa cinta pendidikan NTT tidak akan maju. Kita sudah jauh tertinggal dari daerah-daerah lain jadi kita tidak bisa kerja dengan cara biasa-biasa saja.

Ketika gubernur menjabat dalam berbagai kesempatan ia selalu mendorong agar satu sekolah menengah atas dan satu sekolah menengah kejuruan harus bisa masuk dalam sekolah unggulan 200 terbaik di Indonesia.

Namun sampai hari ini belum tercapai, karena itu perlu ada terobosan baru dalam kebijakan dalam meningkatkqn kualitas pendidikan di NTT.

Dihadapan para kepala sekolah dan didampingi oleh kepala dirinya sebagai kepala Dinas semuanya menyatakan kesanggupan untuk masuk dalam sekolah-sekolah unggulan tersebut agar bisa masuk menjadi 200 terbaik di Indonesia.

Masukan para pengawas bagi gubernur dan para kasek SMAN 1 dan SMAN 6 Kota Kupang.

Dalam sharing pendapat dan rekam jejak akademik sekokah-sekolah lain maka 8 sekolah menjadi tambahan yakni SMAN 2, SMAN 3, SMAN 5, SMKN 5, SMKN 4, SMKN 3, SMKN 2 dan SMKN 1 Kupang. Kesepakatan tersebut menjadi bagian dari Perjanjian Kinerja antara Kadia P & K NTT dengan para kasek SMA/SMK se provinsi NTT yang telah ditandatangani hari Jumat, 13 Januarin2023 di SMAN 3 Kota Kupang.

Dalam pertemuan juga disepakati dan disetujui para kasek termasuk jam masuk sekolah ditetapkan jam 05.00 wita pagi khusus siswa kelas 12 SMA/SMK bagi 10 sekolah yang sudah bergabung diatas.

Hal dimaksud bagi agar para pendidik dengan pembelajaran dan strategi tertentu bersifat kolaboratif yang melibatkan guru-guru kondusial, akademisi dari kampus-kampus di NTT, maupun kampus-kampus ternama di Pulau Jawa seperti UI, UGM ITB UNPAD Brawijaya san Unhas dan Undana, Unimor, UnHan di Atamabua dan kampus-kampus swasta lainnya di NTT.

Dan penerapan jam.5 dimaksud saat ini telah dilakukan oleh SMAN 6 Kupang di Sikumana.

Dan ini memasuki hari ke 2 dan masih bersifat ujicoba
[28/2 19.16] Yuli: Sambil pemprov melakukan seleksi terhadap 10 sekolah hingga menyisakan 2 sekokah unggulan yang terbaik yang akan diintervensi dan dikawal secara total. Evaluasi selama 1 bulan 26 Peb sampai 27 Maret dan akan dipilih 2 sekolah Unggulan.

Kita akan berkoordinasi secara terpadu dengan stakeholder agar terciptanya aspek keaanan, ketertiban, dan layanan transportasi dan penyiapan infrastruktur sekolah.

Besok kita akan rapat terpadu yang akan dipimpin oleh ibu plt.sekda jam 9.

Diaspek lain kita bisa menciptakan generasi unggul, intelektual yang unggul, bermutu serta memiliki karakter unggul.

Karena itu kebijakan setelah dilaksanakan akan dievaluasi selama satu bulan dan menyisakan 2 sekolah SMA di Kota Kupang.

Terkait hal tersebut maka atas nama.pemprov memutuskan :
1. Untuk kelas 12 dari 10 SMA/SMK yang telah ditetapkan masuk dsdi jam 5 pagidigeser menjadi5.30 dan dievaluasi menjadi dua sekolah unggulan.

2. Pemprov.ntt melakukan kerjasama dengan kampus-kampus UI, UGM, ITB, UNPAD, Brawijaya, UNAS, UNDANA, UNIMOR, maupun PTS lainnya untuk melakukan bimbingan kepada sisws kelas 12

3. Menyiapkan para siswa-siswa sekolah unggulan agar bisa tembus kuliah baik ikatan kedinasan maupun TNI/POLRI, AKABRI, AURI.

4. Akan dilakukan evaluasi secara terus menerus dengan melibatkan para akademisi, para praktisi pendidikan serta tokoh-tokoh agama.

5. Hal-hal teknis Dinas Pendidikan & Kebudayaan NTT akan mengatur lebih lanjut.

Linus menjelaskan pada pelaksanaan kurikulum di sekolah unggulan berjalan sebagaimana biasa hanya akan ada peningkatan dalam bidang peningkatan mutu pembelajaran dan pembinaan karakter.

Menanggapi keresahan orangtua terhadap keselamatan siswa akibat terlampau pagi ke sekolah, ketersediaan sarana transportasi dan lain-lain Linus menjawab akan dikaji lagi seperti apa solusi terbaiknya agar memberikan jaminan keamanan bagi para siswa.|| jbr