Jabat Ketua Atoin Meto Kopan, Chris Baitanu Komitmen Persatukan dan Sejahterakan Orang Timor Di Kota Kupang

Organisasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT|| Atoin Meto Kopan, resmi dideklarasi dan menyerahkan mandat ketua kepada Christian Baitanu pada Sabtu, 23/9 di sekretariat Atoin Meto Kopan, Alak. Deklarasi disertai pengukuhan badan pengurus AMK Periode 2023-2028.

Christian Baitanu, politikus Partai Gerindra yang menjabat Wakil Ketua 2 DPRD Kota Kupang serta anggota DPRD Kota Kupang Dapil Alak 2019-2024.

Dalam sambutannya menyatakan berlatar belakang bahwa berdirinya AMK adalah melihat sejarah berdirinya kota Kupang adalah hasil karya dan polesan dari leluhur orang timor jauh hari sebelum sebelum penjajahan,  para leluhur meskipun dalam berbagai keterbatasan, namun mereka justeru mampu berkarya secara spektakuler dalam merekayasa kota Kupang sebagai pusat peradaban.

“Lalu apakah kita orang Timor yang selama ini menjadi rakyat kota Kupang dalam arus kemajuan dan persaingan global saat ini masih sudi menjadi pengikut setia tanpa menjadi aktor kemajuan. Rasanya ini yang menjadi buah perenungan kita orang Timor yang ada di Kota Kupang, kota kasih yang pluralisme.” Ujar Chris.

Ia menambahkan, “Memang kita sebagai orang Timor sangatlah santun dalam membangun kemajemukan, tapi kita dituntut oleh amanat leluhur agar bisa memberikan andil tak terbilang nilainya dalam memproduksi nilai kesejahteraan sekaligus mendistrubusikannya   itu secara adil didalam kehidupan berbangsa, bernegara dan berpemerintahan.

Memang dalam ajaran leluhur mengajar agar menerima sesama sebagai diri sendiri, lalu kita laporkan dalam seluruh dimensi kehidupan insani di sekitar kita.

Namun saat ini semangat jaman telah berubah dan kita masyarakat Timor rasanya dihinggapi oleh egoisme individualisme dan lain sebagainya, nilai persaudaraan sejati, kesatuan dan keharmonisan dan sejumlah nilai buat masyarakat Timor lainnya semakin terkikis, terkuras tidak jarang kata orang jeruk  makan jeruk. Padahal ada untaian semboyan bersatu kita teguh, nekaf mese ansauf mese, citra Timor yang sesungguhnya akan jadi identitas kita hari ini.

Sayangnya sejumlah nilai dasar orang timor  yang diwariskan nenek moyang sudah tidak kita anut yakni persaudaraan. Ada nilai kuat dari luar yang terus merongrong dan memporakporandakan nilai dasar orang timor.

Itulah yang menjadi dasar inisiatif dari Pendiri Atoin Meto Kopan untuk merajut kembali nilai persaudaraan sejati saudara sekandung orang Timor di Pah Kopan dalam suatu wadah perjuangan dalam bentuk organisasi sosial kemasyarakatan yang mandiri beraras kekeluargaan dan gotong royong merupakan perjuangan suci dan mulia yang dibungkus visi terwujudnya Atoin Meto Kopan yang bersatu dan maju dengan misi :

1. Menciptakan solidaritas antar sesama anggota AMK dan warga lainnya.

2. Mewujudkan kesejahteraan dan kesetaraan demi keadilan demi kesejahteraan masyarakat Atoin Meto Kopan di bidang sosial, politik, pendidikan, ekonomi, hukum, budaya, dan bidang lainnya.

3. Membangun komitmen yang kuat agar berperan aktif dalam saling tolong menolong terhadap sesama, kepedulian terhadap lingkungan, pembangunan serta pengembalian kebijakan publik.

4. Mendorong pengembangan diri anggota AMK menuju peningkataj derajat hidup yang lebih berkualitas.

Perjuangan pembentukan organisasi masyarakat Atoin Meto Kopan telah melalui perjuangan yang cukup menggetarkan bahkan menggetirkan tapi akhirnya telah dilegalkan dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI nomor : AHU.55084.AH.01.07 tahun 2021 tanggal 4 Mei 2021 tentang pengesahan pendirian Atoin Meto Kopan.

Inspirasi perjuangan AMK diarahkan untuk meningkatkan pemberdayaan orang Timor di Psh Kopan agar mampu berperan aktif didalam segala dimensi kehidupan dalam ikatan NKRI sekaligus gigih berjuang untuk merenkontruksi dan merajut kembali benang persaudaraan sesaka Orang Timor di Pah Kopan yang hampir sirna diterpa oleh sengatan jaman.

Ajaran leluhur agar menerima sesama saudara sebagai saudara sendiri selalu tetap dilakonkan dalam seluruh dimensi kehidupan akan dijadikan aras perjuangan AMK.

Chris Baitanu juga menyiratkan dukungan di pileg dan pilwalkot bagi balon orang Timor di Pilwalkot Kota Kupang 2024 lewat AMK.

“Kita akan lihat fogur yang jika terpilih membangun orang Timor. Kita sama tahu bahwa tanah Timor milik orang Timor, kami adalah tuannya walau kami bukan isme atau ego. Seperti pesan Eston Funay bahwa dalam politik kita berkimpetisi tapi dalam Tuhan kita bersaudara.” Tandas Chris menjawab pertanyaan wartawan terkait apakah untuk pemilu 2024 AMK akan mendukung figur orang Timor di kota Kupang.

Alasan dibentuknya AMK menurut Chris adalah

“Karena orang Timor di kota Kupang selama ini belum ada satu pun perkumpulan dengan tujuan mempersatukan orang Timor yang sepaham dalam mengatasi kesenjangan dan masalah orang Timor sendiri. Memang ada organisasi orang timor lainnya tapi itu scopenya provinsi, sementara AMK scopenya kota Kupang. Dan dalam ad/art AMK tercantum berbagai program menggarap lahan-lahan kosong yang sudah kami siapkan untuk mendorong orang Timor yang hidup dari pertanian dan peternakan. Contoh dalam sambutan  Pj walikota dengan adanya AMK maka akan ada kerjasama yang akan kita  korodinasi dengan pemkot yakni memperhatikan program yang berpihak pada masyarakat atoin meto di kota Kupang. Misal untuk masyarakat yang hidup mayoritas petabi dan peternak di  kelurahan Alak, Manulai 2, Naioni, Fatukoa, Belo, Kolhua, Naimata,  Bakunase 1 dan 2 visi misi dan program sudah jalan. Kami hadir untuk melihat persoalan Atoin Meto. Misalnya PHK sepihak dan dengan kehadiran AMK kita urus mereka.” Tandas Chris.

Ayub Titu Eki (mantan Bupati Kupang) yang hadir dalam deklarasi ini kepada media menyatakan bahwa walau sebelum AMK sudah ada perkumpulan orang Timor (POT) dan mungkin perkumpulan orang timor lainnya, tapi dengan adanya AMK ini akan memperkaya perkumpulan orang Timor.

Ia berharap orang Timor saling mendukung dan jangan saling membantai dalam segala aspek.

“Jangan dengar suara-suara miring. Intinya patah satu tumbuh seribu. Ini ada faktor sejarahnya  ketika orang Belanda datang dna perang di sini, raja-raja dipatahkan dan sudah saatnya orang Timor bersatu. Saya berharap lewat AMK kita Orang Timor makin bersatu dan kuat dalam membangun di segala bidang.” Tandas Ayub yang pada 2024 akan masuk dalak pesta legistlatif sebagai Caleg DPR RI.

Usai deklarasi organisasi ini melakukan karnaval mengelilingi kota Kupang dengan berkendara berbusana adat Timor.|| jbr