Imelda Anin,S.A.B dan Kasmirus Kopong,S.Pd Resmi Dilantik Sebagai GM dan Wakil GM KSP KOPDIT Swastisari Kupang, Ini 5 Ikhtiar Kerja GM

Koperasi Regional

KUPANG, TOPNewsNTT||Imelda Anim,S.A.B dan Kasmirus Kopong,S.Pd resmi dilantik sebagai General Manager Dan Wakil General Manager KSP KOPDIT Swastisari Kupang Periode 2024-2027 (Senin, 8/1/2024).

Pelantikan dilakukan oleh ketua Ketua KSP KOPDIT Swastisari Lambertus Ara Tukan didampingi rohaniawan Romo.Tinus Runesi.

Pelantikan dilaksanakan berdsrkan sk pengurus KSP KOPDIT SWASTISARI  nomor 15/KSP/ KSP.Kss/2023 tentang penetapan general manager KSP KOPDIT  Swastisari periode 2024- 2027 menggantikan GM dan Wakil GM periode 2020-2024 yang sudah selesai masa jabatan dan sebelumnya dijabat Plt.GM Hendra Siki sejak November 2023 lalu.

Sementara GM yang baru Imelda Anin dalam sambutannya memaparkan 5 ikhtiar sebagai panca tugasnya; pertama meneruskan apa uang dianggap baik dari mantan GM Johanes Sason Helan, kedua tunduk dan patuh pada komando atasan saya Pengurus Kopdit Swastisari yang bersinergi dengan pengawas KSP Kopdit Swatisari, ketiga membangun sinergisitas horizontal dengan wakil GM, para kadiv, para manager, untuk memperkuat kinerja yang benar, cepat, tepat dan bermanfaat, keempat memperkuat kerjasama dengan mitra bisnis keuangan yang memberi peluang sukses, dan kelima memastikan bahwa pelayanan tepat sasaran kepada anggota KSP Kopdit Swastisari.

Plt.GM Hendra Siki dalam sambutannya menyatakan proses pemilihan hingga terpilihnya kedua saudara Imelda Anin dan Kasmirus Kopong dan dilantik sebagai GM dan Wakil GM KSP KOPDIT Swastisari adalah sebagai bukti demokrasi yang berjalan di KSP ini.

“Saya berterima kasih atas peristiwa yang terjadi sejalan dengan momen demokrasi tahun ini dan inilah yang saya mau katakan sebagai demokrasi di KSP KOPDIT Swastisari bahwa proses yang sudah terbentuk dari sekian puluh tahun membentuk karakter dan jiwa dan nilai dan pelayanan kami sehingga hari ini buah demokrasi yang ada dari proses seleksi yang dibuat pengurus dan pengawas dengan begitu ketatnya dari semua yang terbaik dan terpilihlah dua dari terbaik yaitu ibu Imel Anin dan pak Kasmirus Kopong. Inilah bentuk kerjasama tim dan bentuk kekeluargaan dalam.suasana mwmbangun organisasi dalam KSP.Kopdit Swastisari.” Ujar Hendra.

Ia mengingatkan bahwa semua managemen KSP baru menyeleseikan proses panjang di 2023 dan begitu banyak evaluasi dan melewati banyak hal dan pertumbuhan KSP KOPDIT Swastisari sudah mencapai 190an anggota berkat komitmen pelayanan prima dan melayani sesama anggota, memberikan perubahan dalam masyarakat sehingga anggota KSP hampir mencapai 200 ribu.

Secara gerakan Puskop DKP3  pulau Timor kurang lebih mencapai 300 ratusan ribu anggota dari 23 primer. Swastisari diangka 190 ribu.

Aset KSP KOPDIT Swastisari berkisar di Rp1,100 lebih T. Dan angka ini didapatkan lewat kerja keras semua pihak di internal koperasi dan dedikasi Bapak Jon Helan selama 30 tahun yang diturunkan secara turun temurun kepada 400 karyawan dan didukung pengawas dan pengurus maka pelayanan itu berjalan dan terbukti bahwa anggota dan masyarakat percaya lembaga ini sehingga menyimpan dananya disini dan mencapai aset sebanyak itu.

Dari fakta diatas Hendra menegaskan bahwa KSP KOPDIT Swastisari bukan koperasi yang biasa-biasa saja, tetapi koperasi yang sudah sangat luar biasa sehingga cara berpikid harus luar biasa.

Isue di NTT adalah sebuah tantangan di lembaga koperasi kredit khusus di KsP yakiti mwlihat bonus dempgrafi dan dimanfaatkan secara baik sehingga usia potensial masyrakat Indonwsua akan berkembang menjadi UMKM. dan koperasi harus melihat UMKM dan menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Yantanhan itu bisa silakukan jika lomoatan teknologi dilakukan sehingga ksp swastisari punya roadmap akan lakulan lompayan teknologi dengan memanfaatkan bonus demoktasi.

“Diharapkan teman GM dan Wakil GM rapatkan barisan dengan kita semua agar bisa melihat potensi yang akan kita gali bersama ke depan. Mari kita dalam satu garis komando yang sama melihat tantangan dan peluang kedepan dengan satu komitmen yang sama bersama kita akan berada di belakang teman berdua bersama pengurus dan pengawas untuk maju bersama.” Ajak Hendra akhiri sambutan.

Ketua Pengurus KSP Kopdit Swastisari Lambertus Ara Tukan sampaikan pesan khususnya bagi GM dan Wakil GM yang baru dilantik beberapa hal yakni keduanya adalah besutan asuhan mantan GM Yohanes Sason Helan 22  tahun dan terpilih karena sebuah pembuktian kinerja sebagai yang terbaik dari hasil binaan dan asuhan Pak Yohanes Sason Helan mewakili 472 karyawan memimpin managemen KSP Kopdit Swastisari. Dan keduanya sudah puluhan tahun melayani dan membuktikan kinerja.

Ia ingatkan jabatan wakil GM adalah jabatan GM sekarang dan jabatan Pak Yohanes Sason Helan pada 2016 dan jabatan Wakil GM sekarang dijabat oleh kepala divisi KRN itu artinya mereia menaiki satu tangga saja. Wakil GM naik GM dan Kepala Divisi KRN naik menjadi Wakil GM. Jadi mereka orang lama dengan jabatan baru.

Ada berbagai harapan bagi keduanya

Pertama memastikan bahwa kerjasama yang sudah dibangun oleh mantan GM Yohanes Sason Helan berjalan terus didalam kerjasama itu secara politikal dalam hubungan dengan atasan mulai dari Kemenkopumkm.RI, Inkpdit, Dinkop.UMK Peovinsi dan oabupaten kota di 6 Provinsi. Puskopdit di 6 Provinsi,  Dekopimda kabupaten kota, pejabat tingkat provinsi dan kabupaten kota di wilayah kerja KSP Kopdit Swastisari, semua mitra kerja dan kerjasama bersama 472 karyawan dan karyawan baru yang akan direkrut pada tahun ini dan khususnya kerja sama dengan 190an ribu anggota di tahun 2023.

Kedua mwmastikan bahwa seluruh pelayanan harus berkualitas, profesional dan prima baik simpan pinjam anggota,  daperma, BPJS.

Ketiga memastikan bahwa grade loan di swastisri harus dibawah 5 persen tidak hanya pada bulan-bulan Desember tapi juga pada bulan-bulan lainnya. Dan itu butuh kerja keras selurub penasihat, pengurus, pengawas, managemen, karyawan dan anggota yang terhormat.

Keempat memastikan bahwa pertumbuhan anggota, modal dan aset berkembang pesat.

Kelima memastikan untuk perluasan wilayah walau untuk sementara KSP KOPDIT Swastisari kalau belum membuka di provinsi lain. Karena di gambaran nyata itu secara nasional, jadi tidak ada satu seorangpun yang membatasi 4 koperasi yang ada di NTT yamg sudah Nasional dan itu juga bagian dari pertimbangan pj.Gubernur untuk pisahkan dinas Nakertrans dan Koperasi. 4 KOPDIT yang jadi  koperasi nasional adalah KSP KOPDIT Pintu Air, KSP KOPDIT Swastisari, TLM dan Nasari.|| jbr