Gubernur VBL Resmikan Gedung Kantor PT Kawasan Industri Bolok

Birokrasi Daerah

KUPANG BARAT, TOPNewsNTt||Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) pada Rabu (22/02/2023) meresmikan Gendung Kantor PT Kawasan Industri Bolok (KIB) yang terletak Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang. Dalam sambutan yang ditandai dengan penandatanganan prasasti tersebut, Gubernur VBL mengatakan pentingnya kemajuan modernisasi dan industri dalam menopang pembangunan daerah.

“Kemajuan sebuah daerah pada saat ini dapat dilihat dari tahapan modernisasi pembangunan dan juga pertumbuhan industri. Sebuah daerah akan dikatakan ekonominya hebat kalau juga industrinya sudah mulai berkembang. Dan untuk mencapai tahapan tersebut haruslah kita mengubah pola pikir menjadi manusia modern yang sudah cepat tanggap terhadap perkembangan industri saat ini,” kata Gubernur.

“Hari kita kita bersuka cita datang kesini untuk peresmian Gedung Kantor PT Kawasan Industri Bolok. Saya atas nama Pemerintah dam masyarakat Provinsi NTT memberikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktur bersama Komumisaris juga jajaran lainnya yang berperan baik dari pembangunan gedung kantor hingga pada peresmian hari ini,” ungkap Gubernur.

“Keberadaan kantor ini tentunya memberikan tanda dan kehormatan sendiri bagi kita yang sedang menuju pada pertumbuhan industri dan modernisasi. Keberadaan Kantor ini sebagai simbol pelayanan kepada masyarakat, serta melalui peresmian ini juga kita harapkan sebagai motivasi bagi PT KIB untuk memberikan ide inovatif dan pikiran modern bagi provinsi ini,” kata Gubernur.

Gubernur juga mengungkapkan kepada Pimpinan PT KIB untuk terus dikembangkan dengan membangun jejaring yang lebih luas dan juga memaksimalkan keterlibatan pebisnis muda.

“Kawasan industri ini kita harapkan terus berjalan ke depan, terus berkembang lebih besar, dan lebih luas serta lebih hebat lagi. Lewat peran PT KIB ini juga mari kita bersama-sama belajar dan melatih pengembangan industri dalam hal ini juga pengembangan sektor pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya sehingga menjadi kekuatan ekonomi agar dapat terus bertumbuh menopang pembangunan provinsi ini,”kata Gubernur.

“Saya juga meminta pihak PT KIB
untuk juga mau membuka jejaring relasi dengan kawasan industri lainnya di luar NTT sehingga makin banyak masukan dan ilmu industri yang didapat bagi PT KIB. Adapun hal penting lainnya adalah keterlibatan pebisnis muda yang ikut berpartisipasi dalam pelayanan PT KBI sehingga industri kita tetap berkelanjutan,” jelas Gubernur.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur juga menjelaskan terkait tencana pembangunan free trade zone di perbatasan RI – Timor Leste yang akan menjadi zona ekonomi khusus. “Kemarin dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Timor Leste juga sudah dibicarakan terkait dengan pembangunan free trade zone. Disana nanti akan dibangun insustri-industri besar dengan sekurang-kurangnya akan dibangun 30 sampai 40 pabrik. Itu tentunya akan membawa dampak besar bagi ekonomi kita dan juga Timor Leste. Oleh sebab itu, PT KIB juga harus mulai menyiapkan diri untuk terlibat juga dalam industri yang ada disana nanti,” jelas Gubernur.

Gubernur juga mengutarakan potensi energi terbarukan (renewable energy) yang dimiliki Provinsi NTT untuk mampu menopang kemajuan industri diantaranya energi panas matahari, angin, panas bumi (geothermal) serta arus laut.

Sementara itu, Direktur Utama PT Kawasan Industri Bolok, Gabriel Kenenbudi mengungkapkan Peresmian Gedung Kantor PT KIB ini sebagai lambang kemajuan industri di NTT.

“Dengan diresmikan gedung kantor PT KIB ini sebagai lambang kemajuan industri di NTT. Ini juga merupakan langkah atau bagian strategi bukan saja pemerintah yang mengambil peran dalam pembangunan di daerah ini tetapi juga pelaku bisnis bersama masyarakat,” ujar Gabriel.

“Saya juga mengajak kepada semua masyarakat, pemerintah daerah dan pelaku bisnis mari kita kerja bangun daerah ini dengan kekuatan industri. Kami siap bekerja sama, juga dengan semangat kerja keras dan kerja cerdas demi kemajuan NTT,” tambahnya.

Dalam peresmian tersebut juga dilaksanakan, penandatanganan kontrak kerja sama sewa lahan PT Gulf Mangan Group dan PT Ecomec Resources Indonesia.

Usai peresmian tersebut, Gubernur juga berkesempatan meninjau ruangan Gedung Kantor PT Kawasan Inustri Bolok tersebut.|| jbr

SP