Dukung Generasi Emas 2045, DPW Partai Gelora NTT Launching Program Gen170

Kesehatan Politik Regional

NTT, TOPNewsNTT|| DPW Partai GELORA  NTT melaunching program Gen170 dengan menggelar sosialisasi pencegahan stunting yang dibawakan oleh Ummi Klatsum S.Saleh,S.ST,M.Kep Dosen Poltekkes Kemenkes Kupang, Jurusan Kebidanan.(Rabu, 22/12) di sekretariat DPD Partai GELORA NTT Naikoten 1 Kupang demi wujudkan Generasi Emas 2045.

Ketua DPW Partai Gelora NTT H.Suharjito,S.H.M.Si serahkan bingkisan kepada ibu hamil dalam rangka Hari Ibu dan gaungkan ibu Sehat Bayi Hebat

Program Gen170 merupakan program nasional Partai Gelora yang juga  dilaunching secara nasional oleh Ketum Anis Mata pada Rabu, 22/12.

Dalam Program Gen 170, dicanangkan juga program “Ibu Sehat, Bayi Hebat” dalam rangka Hari Ibu 2021 menuju Generasi Emas 2045.

Hadir Ketua DPW Partai Gelora NTT H.Suharjito,S.H,M.Si,  sekretaris DPW Partai Gelora NTT Syafroin G.Tokan dan pengurus. Moderator Sara Adi Usman, Humas DPW Partai GELORA Indonesia NTT, pengurus partai lainnya serta beberapa ibu hamil dan media.

Suharjito menjelaskan partai Gelora walau partai baru tapi uniknya punya visi besar antara kain ingin menjadikan Indonesia sebagai kekuatan 5 besar dunia.

Ada banyak alasan mengapa punya nimpi besar dan bukan hal yang mustahil karena Indonesia pernah jadi negara adidaya di masa lalu ada Kerajaan Sriwijaya, Majapahit.

Punya sda dan sdm yang luar biasa  populasi manusia Indonesia nomor 3 dunia, semua potensi kita miliki, hanya pertanyaannya kenap kita tidak menjadi besar seperti negara besar lainnya di dunia? Nah mimpi partai Gelora ingin membawa dan menjadikan Indonesia besar.

Ke depan partai Gelora ingin libatkan sdm yang besar untuk menjadi 5 besar negara di dunia

Nanun kondisi saat sekarang ini ujar Suharjito, Indonesia masih jauh tertinggal bahkan untuk masuk 10 besar dunia. Dan ini yang jadi komitmeb dan mimpi partai Gelora bagaimana membawa Indonesia masuk 5 besar dengan semua sumber daya yang ada.

Sejak awal partai Gelora inginkan anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul sejak dan kandungan sehingga di Hari IBU 2021, Partai Gelora  melaunching program “Ibu Sehat, Bayi Hebat” dan Program “Gen 170.”

Gen 170 adalah komitmen meningkatkan tinggi anak-anak menjadi 170 cm.

“Fakta bahwa rata-rata orang Indonesia pendek. Di Asia tinggi rata-rata  laki-laki 160 dan perempuan 155, sedangkan di Asia Tenggara rata-arat pria 164 cm dan perempuan 160 cm, sedangkan di Indonesia rata-rata tinggi pria 160 dan wanita 155 cm. Di tingkat dunia tinggi rata-rata pria 173 cm, bandingkan dengan kondisi di Indonesia. Kita percaya kibat pola hidup, pola makan karena kondisi nutrisi dan gizi yang baik maka kita bisa merubah rata-rata tinggi generasi muda kita ke depan. Makanya Partai Gelora punya program GEN 170 dan hari ini sosialisasikan “Isteri Sehat Bayi Hebat” karena konsumsi nutrisi dan gizi yang bagus maka anak-anak muda generasi muda akan lebih baik. Tinggi generasi muda akan memiliki tinggi yang maksinal 170cm. Dengan memberikan gizi kepada ibu-ibu sejak awal sebelum hamil maka generasi muda akan tumbuh baik dan sehat 1000 hari awal kehidupan untuk menciptakan generasi emas di masa mendatang. Kami akan memulai dari kader partai dan selanjutnya dengan kelompok-kelompok masyarakat yang lebih luas. Karena partai ini baru terbentu, maka kami  belum punya power, tapi dengan edukasi dan gerakan-gerakan ini kami berharap bisa memberi kontribusi positif bagi masyarakat. Dan kedepan jika kami bisa masuk dalam kancah legislasi maka hal ini bisa terus diperjuangkan dalam kebijakan regulasi dan anggaran, karena kita sudah memukainya sejak awal dan menjadi korban partai.” Ujar Suharjito.

Program Ibu Sehat Bayi Hebat, maka DPD partai Gelora NTT menghadirkan nara sumber Ummi Klatsum S.Saleh,S.ST,M.Kep Dosen Poltekkes Kemenkes Kupang, Jurusan Kebidanan untuk menjelaskan tentang bagaimana menjelaskan tentang bagaimana mencegah stunting pada generasi muda dengan mempersiapkan ibu dan kehamilan sejak awal.

Stunting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan, visi Indoesian2045 dapat mencetak generasi emas dengan merencanakan anak dari berbagai aspek menjadi generasi emas.

Kecerdasan yang komprehensif bukan hanya secara kognitif saja tapi didukung dengan fisik yang sehat. Ada damai interaksi sosial dan peradaban unggul.

Dana Kemenkes tentang prevelensi stunitng 2019 NTT paling tinggi pertama nasional yakni 43,82%. Tahun 2018 stunting 35,4% tapi di tahun 2020 turun jadi 28,2%. Secara angka mungkin tidak terlalu signifikan jika melihat upaya yang sudah dilakukan dengan berbagai sektor, ada sebenarnya, dan usaha sudah luar biasa.

Ummi menyatakan stunting adalah gangguan pertumbuhan/perkembangan akibat gizi buruk kronis. Gizi kronis itu artinya sudah terjadi lama.

Mencegah stunting harus dilakukan sejak 1000 Hari Pertama Kehidupan artinya sebelum hamil ibu atau perempuan harus dipersiapkan kesehatan ibu agar kehamilan melahirkan generasi unggul hingga anak berusia 2 tahun.

Dan itu menjadi tanggung jawab orangtua. Perempuan harus sehat dan tidak boleh anemia.

Pada saat proses sudah terjadi kehamilan kondisi phsikis ibu harus dijaga dalam kondisi yang sangat baik, tenang, dan emosi terjaga oleh pasangan dan lingkungan keluarga. Dan jika asupan nutrisi bagus maka kesehatan ibu terjamin sehingga bayi sehat.

Maka kita harus mendukung program Partai Gelora. Untuk memenuhi gizi seimbang ibu dengan memperhatikan istilah “Isi Piringku” yakni apa karbohidrat, kalori, protein, vitamin, mineral dll. Dengan lengkapnya isi piring ibu hamil, maka diharapkan menghasilkan anak yang berkualitas atau generasi emas. Dengannya maka tercapailah program GEN 170 jika ibu sehat sehingga bayi sehat.

Pada kesempatan itu sebagai kelanjutan dari program “Ibu Sehat, Bayi Hebat” demi mewujudkan GEN 170, dan merayakab Hari Ibu Nasional tahun 2021, maka Ketua dan sekretris DPD partai GELORA NTT memberikan bingkisan kepada beberapa ibu hamil yang hadir.|| juli br