Donasi 160 paket sembako bagi lansia di kelurahan Fatufeto, ini komitmen Anita J.Gah

Figur Kemanusiaan Politik Warta Kota

KUPANG, TOP News NTT■■ Politis Partai Demokrat, Anita Jacoba Gah, S.E sebagai Anggota DPR RI Komisi X, dapil 2 NTT kembali berbagi kasih 160 paket sembako dan masker kepada 160 lansia warga Kelurahan Fatufeto, kecamatan Alak, Kota Kupang. Kegiatan ini di lakukan di Aula Serba Guna Mosez Fatufeto, pada Kamis, 7 Mei 2020.

Politisi Partai Denokrat, Anita J.Gah foto bersama warga lansia usai bagi sembako dan masker

Anita Gah didampingi Lurah Fatufeto Yunda Bunga menjelaskan bahwa bantuan 160 paket sembako dan masker  ini adalah dari gaji yang disisihkannya setiap bulan dengan tujuan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat di NTT. “Papa mama, saya Anita Jacoba Gah, anggota DPR RI wakil papa mama di Senayan, saya terpanggil ikut meringankan beban papa mama dengan sedikit pemberian sembako ada beras, mie instan, gula pasir, dan minyak goreng serta sabun cuci tangan dan masker. Ini semua saya sisihkan sebagian gaji saya. Semoga dapat meringankan sedikit beban papa mama.” Ujar Anita menjelaskan.

Anita juga mengingatkan warga  yang terdiri dari para lansia agar menjaga kesehatan dan ikuti protab atau anjuran pemerintah untuk tinggal di rumah, jaga jarak, pakai masker, cuci tangan dan makanan bergizi dan makan marungga.
“Papa mama, tolong anjuran pemerintah untuk tinggal dalam rumah saja kalau tidak penting jangan keluar, pakai masker, selalu cuci tangab dalam semua aktivitas, jaga jarak, jangan melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang dalam satu kumpulan besar, makan makanan bergizi dan makan marungga. Karena saat ini di Kota Kupang sudah 12 orang positif Covid-19, dan 1000 lebih ODP, PDP dan yang lebih bahaya adalah OTG (Orang Tanpa Gejala).” Ujar Anita mengingatkan.

Ia akui bahwa saat ini akibat pandemi virus Corona ini negara bahkan dunia sedang dalam kondisi terpuruk dari berbagai aspek, terutama ekonomi. Bahkan presiden RI Jokowi sedang sedikit guncang akibat lumpuhnya ekonomi masyarakat, dunia usaha yang selama ini menjadi sumber APBN dan APBD yang menghidupi semua sektor. Dan  dibutuhkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat untuk melawan dan memutus mata rantai penyebaran Virus ini sehingga semua sektor berjalan dengan baik lagi.

Kepada media ini Anita mengungkapkan, setelah selama beberapa kali lakukan aksi sosial berbagi kasih dengan masyarakat di baik jemaat gereja, para tukang ojek dan penjual makanan, penjual sayur di jalan  El Tari  duduk bersama di trotoar, serta hari ini berbagi dengan lansia, Anita dapati bahwa ternyata dampak ekonomi pandemi Covid-19 sangat nampak terutama pada masyarakat pekerja lepas, usaha kecil dan lansia. Karenanya Anita berkomitmen akan melakukan aksi sosial berbagi kasih ini bukan hanya dalam masa pandemi Covid-19 saja, tapi setiap 3 bulan selama dirinya menjabat sebagai wakil rakyat NTT di Senayan. “Bahkan  AHY Ketum Partai Demokrat mengharuskan kita sebagai wakil rakyat agar membantu para lansia yang tidak mampu, disabilitas dan pekerja lepas yang kena dampak.” Tandasnya.

“Setelah melihat langsung kondisi masyarakat kota Kupang setelah pandemi Covid 19, saya terpanggil untuk melakukan aksi sosial berbagi kasih ini tidak selama pandemi saja, tapi setiap tiga bulan selama saya menjadi wakil rakyat NTT di Senayan. Saya melihat selama pandemi ini ternyata kehidupan masyarakat NTT masih belum bangkit dari kemiskinan. Dan saya terpanggil membantu bukan saja selama pandemi, tapi setiap tiga bulan sekali deh selama saya jadi wakil rakyat. ” Ujarnya terharu.

Menurut Anita, tekad 1000 paket sembako akan dipenuhinya sesuai data yang masuk dan permintaan di Kota Kupang, dan di semua dapilnya. Jumat akan diserahkan 1 ton beras di gereja GMIT Fatukoa, dan Sabtunya di Alak.

“Kepada pemda NTT saya meminta agar selama Covid ini mau memenuhi janji BLT dan PKH dicairkan sudah dan jangan dipersulit. Saya dapat telepon dari masyarakat di Penkase, Alak, dan belum cair BLT-nya. Bahkan ada warga miskin yang seharusnya dapat  BLT dan PKH tidak dapat.  Tapi justeru  yang dapatnya orang mampu. Saya minta pemerintah tolong data yang benar warga yang sepantasnya mendapatkan bantuan.” Ujarnya mengingatkan.

Yunda Bunga, Lurah Fatufeto kepada awak media menyatakab apresiasi dan terima kasih atas kepedulian Anita Gah sebagai wakil rakyat NTT lewat pembagian sembako hari ini.
“Kepada ibu Anita sebagai wakil rakyat, saya sebagai pemerintah mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi luar biasa untuk gerakan 1000 paket sembako yang akan dibagikan selama Pandemi Covid-19 ini di kelurahan Fatufeto yang sisihkan gajinya. Dan jika semua elemen mau bergandeng tangan mengatasi semua dampak ini, maka bersama kita mampu mengatasi dampak virus ini.   Di kelurahan Fatufeto  terdata sebanyak  223 kk warga miskin, dan  189 kk yang akan dapat BLT dan bantuan sembako dari pemkot  yang akan dibagi pada Jumat, 8/5/2020. Dan kami berharap agar semua elemen bergandeng tangan dengan pemerintah dalam menghadapi dampak pandemi ini.” Ujarnya.

Diakhir wawancara Yunda mengingatkan masyarakat dan semua pihak agar mau membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus dengan menaati anjuran pemerintah tinggal di rumah, pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan, dan makan makanan bergizi.”■■ juli br