Bupati Thomas Ola : “Baolangu, Kecamatan Nubatukan Pusat Kekuatan Lembata”

Birokrasi Daerah Pariwisata Budaya

“Pertanyaan berikutnya, kalau Komunitas Baolangu, Kauela, Lamahora, kamu yang punya tanah ini, kamu yang punya nuba ini. Kamu yang harus mala nuba, ada nara. Karena itu kekuatan harus ada di kamu. Seluruh Lembata ini kekuatannya ada di Nubatukan,. Awalolong, kekuatan ini ada di Baolango yang hari ini memproklamirkan dirinya untuk melaksanakan eksplorasi Budaya.” Ujar Bupati Thomas Ola memberi petuah adat.

LEWOLEBA, TOPNewsNTT||Eksplorasi Budaya Lembata masih berlanjut dan kali ini event yang dibingkai roh Sare Dame yang bertujuan menggali nilai budaya Lembata demi pembentukan karakter masyrakat ini digelar oleh Komunitas Baolangu, di Kecamatan Nubatukan (Jumat, 25/2).

Nampak masyarakat dari desa dan kelurahan se-kecamatan Nubatukan yang tergabung dalam komunitas adat Baolangu memadati pintu gerbang desa hingga ke rumah adat dan lapangan sepak bola Desa Baolangu.

Dengan balutan pakaian adat khas Baolangu, masyarakat berbaris rapih sepanjang jalan desa. Tampak ekspresi penuh kegembiraan menyambut event yang baru pertama kali digelar di lembah subur Baolangu ini.

Ekpspresi kegembiraan maayarakat ini, oleh Dr.Hipollitus Kriatoforus Kewuel (dosen Anropolgi filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya) dan salah satu staf ahli dalam event ini, menyebutnya sebagai hadiah terindah dari Bupati Thomas Ola untuk seluruh masyarakat Lembata.
“Kebudayaan menyatu dalam kehidupan masyarakat, sehingga dengan eksplorasi budaya ini masyarakat Lembata merayakan hidupnya, walaupun dalam kesederhanaan.” Ujar Dr.Hipollitus.

Bupati Thomas Ola dalam sambutan menutup seluruh rangkaian acara menegaskan tentang pentingnya peran kecamatan Nubatukan sebagai pusat kekuatan budaya bagi seluruh Lembata.
“Pertanyaan berikutnya, kalau Komunitas Baolangu, Kawela, Lamahora, kamu yang punya tanah ini, kamu yang punya nuba ini. Kamu yang harus mula nuba, ada nara. Karena kekuatan harus ada di kamu. Seluruh Lembata ini kekuatan ada di Nubatukan Awalolong. Kekuatan ada di Baolangu, yang hari ini memproklamirkan dirinya untuk melaksanakan eksplorasi budaya .” Sebut Thomas Ola.

Akhirnya Bupati Ola mengajak semua komponen yang ada di Nubatukan mulai dari para tetua adat, camat, kepala desa, BPD serta semua generasi muda untuk merefleksikan kembali peran Nubatukan sebagai pusat kekuatan Lembata.
“Semua yang menghuni Nubatukan harus yakin dengan kekuatan yang dimiliki, sehingga dapat memancarkannya ke semua kecamatan lain. Kalian yang punya tanah ini, kekuatan ada di kalian, kami yang lain yang masuk harus izin dulu kepada kalian.” Tegas Bupati menutup sambutan. **{juli br}

Sp prokopim setda kab.lembata