BI Kpw NTT Luncurkan Uang Kertas Rupiah TE 2022 di Kupang

Birokrasi Ekonomi dan perbankkan Regional

NTT, TOPNewsNTT||Karena  3 alasan ini Bank Indonesia mengeluarkan Uang Kertas Emisi 2022 yang baru tadi di launching oleh  gubernur Bank Indonesia bersama-sama dengan Menteri Keuangan Indonesia pada Rabu, 17 Agustus 2022 kemarin pukil  09.00 WIB di Jakarta.

Latar belakang dan tujuan peluncuran Uang Emisi 2022 berdasarkan amanat UU no 7 tahun 2011 tentang mata uang menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai sebagai alat pembayaran sah di seluruh wilayah NKRI.

“jadi ada landasan hukumnya yaitu undang-undang Nomor 7 Tahun 2011.” Jelas Nyoman.

Alasan kedua yang melatarbelakangi peluncuran uang emisi 2022 adalah dalam rangka melaksanakan amanat Undang-Undang tersebut Bank Indonesia terus melakukan evaluasi berkala terhadap uang Rupiah yang beredar atas masukan dan pandangan dari masyarakat dan juga berbagai stakeholder, sejarawan budayawan, tokoh agama, Badan ideologi Pancasila dan juga dari badan koordinasi pemberantasan uang palsu atau BOTASUPAL yang berkedudukan di Jakarta.

Latar belakang ketiga adalah evaluasi terhadap mata uang rupiah dengan turut mempertimbangkan perkembangan teknologi terus berkembang mempengaruhi teknologi cetak uang terkini, serta mengikuti best perspektif yang ada di Bank Sentral yang lainnya berdasarkan evaluasi dan masukan itu pemuatan dari rupiah ini atau yang dicetak rupiah kertas ini adalah penguatan dari desain, agar semakin mudah dikenali, jika dibandingkan uang Rupiah yang lama.

Pembuatan desain agar semakin mudah dikenali itu adalah keandalan unsur pengaman atau security features agar semakin sulit dipalsukan dan juga tentunya adalah ketahanan bahan uang atau yang kita sebut durability.

“Jadi kalau diremas-remas begini ya mungkin sudah cepat sekali dia lecek belum seminggu atau dua minggu sudah  lecek kalau dibalikin lagi.  Uang emisi sekarang itu di Coating. Kenapa muatan 3 aspek tersebut selanjutnya menjadi dasar di Bank Indonesia untuk mengeluarkan emisi 2022 ini jadi dari desain dikuatkan sehingga mudah dikenali kedua itu pengamanannya atau segini kerja juga ditingkatkan sehingga tidak mudah dipalsukan yang ketiga itu dia ada ketahanan durabilitynya sehingga massa edarnya itu lebih panjang.

Komitmen dari Bank Indonesia di dalam edisi atau rupiah kertas emisi 2022 tahun ini adalah menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh NKRI, kedua meningkatkan keamanan kenyamanan dan kebanggaan masyarakat untuk menggunakan rupiah, yang ketiga menjaga reputasi uang rupiah sebagai salah satu simbol kedaulatan negara.

Uang Rupiah 7 pecahan terdiri dari pecahan  Rp100.000,  Rp50.000,  Rp20.000,  Rp10.000,  Rp.5.000,  Rp.2.000 dan Rp1.000 serta merupakan alat pembayaran sah sejak kemarin 17 Agustus 2022,dan PBI Peraturam Bank Indonesia sudah keluar dan baru dilaunching  hari ini Kamis, 18 Agustus 2022.

Sementara  Deputy Kepala Perwakilan BI NTT, Daniel Agus Prasetyo menjelaskan 7 pecahan uang kertas emisi 2022 yang sudah diluncurkan BI mulai dari Rp100.000 sampai Rp1.000 rupiah  ada perbedaan mencolok mulai dari warna yang colourfull,  yang  lebih ditonjolkan.

Kedua dari gambar yang ada dalam uang kertas rupiah tahun emisi 2022 ini ada rasa bangga dan cinta uang rupiah dengan menetapkan gambar berbagai tarian budaya NTT,  tempat wisata dan gambar pahlawan sendiri jadi pahlawan yang  masih sama dengan uang kertas tahun emisi 2006  yang sudah diatur oleh pemerintah sesuai dengan undang-undang maka uang pasal 7 ayat 1.

“Jadi gambar pahlawan nasional dan atau presiden yang dicantumkan sebagai gambar utama pada bagian depan uang kertas rupiah pada TE 2022 ini dipertimbangkan masih sama dengan tahun edisi sebelumnya, dengan mempertimbangkan peran dan latar belakang perjuangan pahlawan nasional,  keterwakilan kedaerahan dan wilayah dari asal pahlawan nasional tersebut ditetapkan oleh Presiden pada penggunaan Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2022 tentang penetapan gambar pahlawan nasional sebagai gambar utama Negara Kesatuan Republik Indonesia.” Ujar Daniel.

Ukurannya uang kertas 100.000 rupiah masih sama dengan jadi panjangnya 151 mm, sedangkan  kalau dibandingkan dengan uang Rp1.000 apa jadi ada perbedaan ukuran Jadi kalau tahun edisi sebelumnya perbedaan antara nominal itu 0,2 2 mm 2 mm tapi sekarang di TE 2022 perbedaannya adalah 5 mm untuk setiap pecahan. Sehingga uang Rp1.000 yang baru panjangnya hanya 121 MM ini kenapa ini adalah untuk memberi kemudahan bagi para penyandang disabilitas untuk memudahkan selain dari Blancode yang lebih lebih terasa juga dari ukuran yang berbeda lebih signifikan.

Terjadi antara gambar pahlawan yang di depan dan juga watermarknya biasanya berbeda  Bapak Ibu sekalian tapi kalau untuk TE 2022 ini kalau di sini gambar uang Rp.1.000 pahlawannya Cut Mutia, sedangkan pada uang 100.000  watermarknya adalah Soekarno dan Hatta.

Jadi pada  uang TE 2022 didesain dengan  fitur-fitur keamanannya dari gradasi warna, tekstur, watermark, selain untuk menghindarkan pemalsuan tapi juga mudah lebih dikenali oleh para difabel.

Peluncuran Uamg Kertas Rupiah TE 2022 didasari Prinsip 3 M, M pertama yakni ini Mudah dikenali,  baik warna dan dengan tanda air.

M kedua adalah untuk menyulitkan pemalsuan,  dengan adanya berbagai fitur keamanan yang di upgrade.

Dan M ketiga adalah masa edar lebih lama yakni sudah di Coating, terutama untuk uang pecahan yang kecil ini yang seringkali memiliki  masa atau umur yang pendek,  sehingga baru keluar kemudian sudah masuk lagi ke Bank Indonesia dalam yang tidak layak edar.

Dengan TE 2022 agar masa edar lebih lama  salah satunya adalah dengan cara melakukan perbaikan pada teknik untuk percetakan uang.

Ariel menjelaskan bahwa penerbitan Uang Kertas Rupiah Emisi Tahun 2022  adalah untuk  penguatan penguatan dari uang yang telah diterbitkan sebelumnya.

Fitur-fitur keamanan terbaru adalah penguatan unsur dari pengamanan UV  jadi ada perluasan sebaran dari pada uang baru agar  lebih mudah nanti dapat mengenalinya dari ini mempersulit juga untuk pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

Kedua penguatan Watermark kalau Waterpark agar dapat dilihat walaupun dengan cahaya redup, watermarknya dapat dilihat jadi ini juga salah satu fitur yang ditanamkan di uang TE 2022 agar  mempermudah juga untuk masyarakat mengenalinya.

Fitur pengamanan terbaru penggunaan pengamanan benang telnology terkini microlances sebagaimana ketentuan best practice international.

Penguatan lagi  pada teknologi tinta berubah warna dengan menggunakan fitur  magnetic link dengan menggunakan efek gerak dinamis pada pecahan besar seperti uang seratusan 50 ribu  dengan teknologi gerak dinamis atau  OVI MI,  kalau dulu namanya hanya OVI atau Optical Variabel Ing,  tapi sekarang ditambah satu lagi yakni magnetik.

Kadi untuk pecahan besar ditambah satu lagi sehingga semakin menyulitkan pihak-pihak yang tidak tahu jawab untuk memalsukannya.

BI berencana akan melakukan kegiatan Kas Kelilimg untuk melayani masyarakat di wilayah kota Kupang dan jadwalnya bisa dilihat di website PINTAR.CO.ID. setiap Senin  di Pasar  Oesapa, dan  pada hari Rabu di Pasar Oebobo.

Penukaran uang TE ini dibatasi untuk sementara ini untuk pecahan ratusan itu 1 lembar pecahan 50ribuan itu 1 lembar pecahan Rp20.000 1 lembar 10.000-an 1 lembar 2 lembar dua ribuan nanti 2 lembar.

Di lolet perbankan juga membuka loket penukaran bagi masyarakat umum tapi saat ini Uang TE 2022 belum tersedia di ATM karena harus dilakukan penyesuaian, karena dari dimensi yang berubah pada uang kertas TE 2022 harus dilakukan penyesuaian.

BI dan perbankkan lainnya masih tetap memberikan pelayanan uang rusak setiap Kamis,  namun untuk hari ini BI tetap belum mengeluarkan uang pecahan Tahun Emisi 2022.

Walau masih terbatas jumlahnya, Uang pecahan TE 2022 namun tadi dengan pembatasan-pembatasan.

Penukaran uang lusuh dapat dilakukan di perbankkan, tapi uang rusak dapat ditukarkan di Bank Indonesia karena perbankan lainnya belum.punya peralatan yang mumpuni untuk dapat memeriksa baik ciri-ciri keasliannya maupun jika terpotong  atau terbakar. Sedang BI  punya memiliki peralatan yang mumpuni

Penukaran harus melalui baik di kantor perbamkkan dan mobil kas keliling memakai website Pintar dari jam 9 sampai jam 12.

Karena baru cetakan pertama masih terbatas jumlahnya,

Peluncuran Uang Kertas TE 2022 juga demi penghematan bahan baku kertas uang setiap tahunnya karena TE 2022 dengan masa edar yang lama.

Jumlah pemusnahan uang lusush Rp1,5 triliun.tahun 2022 Rp2,1 triliun atau rata-rata penghancuran uang lusuh dan rusak adalah Rp2,1 triliu, sangat tinggi jumlahnya.|| juli br