BI Kpa NTT Gelar Exotic Tenun Fest 2021

Birokrasi Pariwisata Budaya Perbankkan Regional

NTT, TOPNewsNTT||Tenun NTT merupakan salah satu kekayaan intangible, warisan budaya asli Indonesia yang memiliki nilai sejarah, seni dan budaya yang sangat tinggi. Pesona tenun NTT sebagai simbol kekayaan budaya NTT telah menjangkau seluruh Nusantara bahkan dunia sehingga mampu menggerakkan ekonomi khususnya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Akan tetapi, potensi ekonomi dari tenun NTT belum sepenuhnya optimal khususnya di tengah pandemi COVID 19 saat ini. Banyak UMKM mengalami penurunan omset akibat menurunnya daya beli masyarakat serta minimnya kunjungan wisatawan. Untuk itulah, kami merasa perlu mendorong pemulihan UMKM tenun NTT dengan menyelanggarakan Exotic Tenun Festival.

Event Exotic Tenun Fest ini kami adakan sebagai suatu platform yang bertujuan untuk:

Pertama, memperkuat identitas maha karya dan warisan budaya leluhur yang bernilai tinggi, sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat umum akan keindahan Tenun NTT dengan motif, jenis, dan latar belakang cerita yang beragam.

Kedua, mendorong UMKM sebagai pilar pemulihan ekonomi dan mendukung pengembangan UMKM khususnya Tenun melalui digitalisasi promosi dan sistem pembayaran.

Ketiga kegiatan ini sekaligus sebagai preliminary event untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Labuan Bajo yang akan diselenggarakan pada Juni 2021 nanti. Gernas BBI sebagai suatu gerakan meningkatkan kecintaan dan penggunaan produk-produk UMKM dalam negeri.

Event Exotic Tenun Fest ini melibatkan 15 UMKM NTT dengan total 960 produk baik berupa kain tenun maupun turunannya serta telah dikurasi. Produk-produk tersebut kami pajang secara virtual melalui e-catalog dan dapat diakses melalui situs www.exotictenunfest.com.

Pembelian secara online akan dialihkan melalui marketplace shopee dan pembelian secara offline dapat mengunjungi deskranasda di seluruh NTT serta galeri masing-masing UMKM. Tentunya suatu kebanggaan bagi kami, bahwa melalui sinergi dengan stakeholder di daerah, kami dapat menghadirkan karya-karya tenun terbaik NTT untuk diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Dapat kami sampaikan bahwa rangkaian event Exotic Tenun Fest ini terbagi dalam 3 tahap yaitu pre event, event dan post event.

Pre-Event, yakni pelaksanaan kurasi produk dan on-boarding UMKM, Nonton Bareng Kick Off karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 seri 1.

Tahapan Event yakni tahapan sekarang ini, akan diadakan selama 3 hari, yaitu dari tanggal 22 Maret 2021 sampai dengan 24 Maret 2021. Event Exotic Tenun Fest diselenggarakan secara hybrid, yakni secara live dari Dekranasda NTT dan juga online melalui platform Zoom, Youtube serta web www.exotictenunfest.com. Pada tahapan event ini, setiap harinya akan diselenggarakan talkshow terkait tenun pengembangannya, business matching dan fashion show.

Post Event, akan dilaksanakan pada bulan Juni 2021 melalui penyelenggaraan Gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja (BWI) di Labuan Bajo. Kegiatan ini sekaligus mendorong pemulihan pariwisata khususnya di Labuan Bajo sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.
“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pihak yang terlibat dalam mendukung acara Exotic Tenun Fest, seperti: Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dekranasda Prov. NTT, Departemen Regional Bank Indonesia, Departemen UMKM dan Perlindungan Konsumen (DUPK) Bank Indonesia, Dinas Pariwisata NTT, Dinas Koperasi nakertrans NTT, Disperindag NTT, Badan Promosi Pariwisata Daerah NTT, Telkom, Shopee Indonesia, Pegangtangan.com, Anak Timor Hitz, media partner, fashion designer serta seluruh penggiat tenun di NTT.” Jelas I Nyoman.
“Melalui kegiatan ini, kami juga mengajak seluruh masyarakat umum untuk “Ayo berbelanja tenun NTT yang sangat indah dan mendukung gerakan bangga memakai tenun NTT” ujar Nyoman.||juli br