Aleks Riwu Kaho : “Bank NTT Siap Kolaborasi bersama BI dan Pemprov.NTT Bangun Pariwisata Labuan Bajo”

Birokrasi Daerah Ekonomi dan perbankkan Pariwisata Budaya

LABUAN BAJO, TOP News NTT■■ Demikian komitmen Direktur Utama Bank NTT, Haris Aleksdander Riwu Kaho dalam sambutannya singkatnya pada peresmian Kantor Kas Bank NTT di Labuan Bajo dalam rangkaian Kunker Gubernur VBL ke Manggarai oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (Kamis,5/11).

Menanggapi permintaan Gubernur VBL agar Bank NTT harus berkolaborasi sinergi dengan BI dan Pemprov.NTT bangun Pariwisata Labuan Bajo Aleks menyampaikan :
“Saya  mengharapkan Bank NTT berkomitmen mendukung program Gubernur dan Wakil Gubernur NTT dalam menjadikan pariwisata sebagai prime mover NTT, khususnya Pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat. Kami akan  terus membangun koodrinasi intens dengan Bank Indonesia untuk mendukung pariwisata di NTT khsusnya di Manggarai Barat,“ Tandas Aleks Riwu Kaho.

Lebih lanjut Aleks menyatakan bahwa :

“Hadirnya kantor kas titipan Bank Indonesia di Labuanbajo agar menopang sistem pembayaran yang sering terkendala, dapat teratasi,” Harap Aleks.

Kantor Bank NTT Cabang Labuan Bajo adalah sebagai kantor kas titipan Bank Indonesia yang dari 9 kantor kas titipan Bank Indonesia di NTT, 8 diantaranya ada di Bank NTT serta  ini sebagai bentuk kepercayaan Bank Indonesia (BI) kepada Bank NTT

Dalam sambutannya Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat mengucapkan Terimakasih kepada Bank Indonesia dan Bank NTT yang telah melakukan langkah kerja sama serta kolaborasi untuk perdagangan lokal dan nasional, serta juga untuk level internasional karena Labuanbajo  menjadi destinasi pariwisata super prirotas.

“Dalam waktu dekat, akan  berdatangan wisatwan serta utusan dari berbagai negara di Labuanbajo maka ada transaksi dengan jenis mata uang masing-masing,” Pesan Gubernur VBL

Lebih lanjut Gubernur Laiskodat mengatakan “Ada esensi yang dipetik dari momentum pengresmian kantor kas titipan Bank Indonesia di Bank NTT Cabang Labuanbajo ini antara lain; 1).Diperkenalkan Labuanbajo sebagai destinasi wisata super premium, 2). Perekonomian rakyat dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik melalui UMKM.

“Perekonomian rakyat dapat bertumbuh dan berkembang karena partisipasi dan dukungan dari lembaga perbankan,”Tegas Gubernur VBL

Bank Indonesia memiliki tanggungjawab memperkenalkan bagaimana mempertahankan ke-Indonesian dalam sektor keuangan melalui rupiah. “200 miliar angka yang sangat fantastis untuk cabang seprti Labuanbajo.” Ujar Gub.VBL.

”Bank Indonesia di harapkan terus mendorong pertumbuhan ekonomi di NTT “Bank NTT mampuh mempunyai  devisi yang mendesain pertumbuhan ekonomi di daerah pariwisata seperti ; Labuanbajo, Sumba, Rote,Alor dan Sabu serta daerah lainnya di NTT,”Tegas VBL

Pada kesempatan yang sama Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, Eddy Junaedi dalam sambutannya mengungkapkan, Bank Indonesia  memberikan kepercayakan penuh kepada Bank NTT  agar meningkatkan produktifitas ekonomi di NTT dan Khususnya Kabupaten  Manggarai Barat.

“Bank Indonesia berikan Rp 200 miliar paling maksimal  dan Bank Indonesia sudah melihat sejak dibuka kas titipan di Labuanbajo ini, peredaran uang makin marak serta menciptakan potensi ekonomi meningkat.”Pesan Eddy

Dalam peresmian kantor kas titipan Bank NTT juga menyerahkan sertifikat permohonan pendaftaran hak intelektual bagi 157 pelaku UMKMbinaan Bank NTT, Penyerahan kredit merdeka, penyerahan serifikat e-commerce serta penandatanganan nota kesepahaman interkoneksi sistem pembayaran online Bank NTT pada e-commerce.

Turut mendampingi Gubernur NTT pada peresmian kantor kas titipan Bank Indonesia antaralain; Bupati Manggarai Barat Gusti Ch. Dulla, Dirut Bank NTT Hari Aleksander Riwu Kaho, Direktur Pemasaran Dana Absalom Sine, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia wilayah NTT Eddy Junaedi, Asisten I Yohana Lisapali, Kadis Perindag Muhammad Nasir, Kadis Kominfo Abraham Maulaka, Kepala Dinas Koperasi dan Nakertrans Silvya Pekudjawang serta Karo Humas dan Protokol Marius Ardu Jelamu, staf khsus Prof. Daniel Kameo, Pius Rengka, dan Thony Djogo.■■Juli br