65 Perahu Hias Meriahkan Festival Terbaik Untuk Rakyat Di Namosain Beach

Birokrasi Pariwisata Budaya Warta Kota

Namosain-Kupang, TOPnewsNTT||Pemkot Kupang melalui dinas Pariwisata Kota Kupang menggelar Festival Terbaik Untuk Rakyat khususnya kelurahan Namosain, dan secara umum masyarakat kota Kupang dan sekitarnya di Namosain Beach, Kelurahan Nampsain, Kecamatan Alak.

Festival Terbaik diisi dengan lomba kapal hias yang dilabuhkan di Pelabuhan Namosain dihias dengan berbagai ornamen bercirikan HUT RI Ke 78 tahun yang jatuh pada 17 Agustus 2023.

Penjabat Wali Kota Kupang George M.Hadjoh hadir dan membuka langsung kegiatan didampingi Kapolres Kupang Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto, perwakilan BI, perwakilan  Korem 161 Kupang, pimpinan OPD dan tamu undangan lainnya.

Latar belakang digelarnya Festival Terbaik Untuk Rakyat adalah sebagai event tetap yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Kota Kupang yang bekerjasama dengan event organizer kegiatan ini adalah sebagai upaya pengembangan pariwisata yang terus dilaksanakan dengan mempromosikan semua potensi wisata yang ada di kota Kupang.

Kota Kupang memiliki banyak potensi dan untuk pengembangan sektor pariwisata yang salah satunya adalah Teluk kota Kupang yang sangat indah keindahan dan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal maupun para wisatawan internasional yang berkunjung ke kota Kupang.

Dan dalam upaya pengembangan pariwisata ini tujuan lainnya adalah  untuk mendukung Kelurahan Lasiana sebagai Desa Wisata Kota Kupang yang akan ikut dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024.

Ini merupakan tantangan besar bagi Dinas Pariwisata Kota Kupang untuk memajukan pariwisata guna meningkatkan kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini dengan dalam rangka melaksanakan merayakan HUT Republik Indonesia ke 78 tahun, maka Dinas Pariwisata menyelenggarakan Festival Terbaik Untuk Rakyat dengan tema “Eksotik Teluk Kupang.”

Dalam Festival Terbaik Untuk Rakyat 2023 adalah Lomba Perahu Hias, Lomba Fashion Show Anak,  Lokal Expo dan Live Musik serta Tarian Massal.

“Tujuan Festival Terbaik Untuk Rakyat adalah untuk mempromosikan Teluk Kupang sebagai potensi wisata yang ada di kota Kupang menjadikan kota Kupang sebagai daerah tujuan wisata mendukung Kelurahan Lasiana untuk mengikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2024 serta menjadikan Festival Terbaik Untuk Rakyat sebagai event tetap kota Kupang peserta yang mengikutinya lomba 100 peserta 65 perahu lomba perahu hias 100 anak usia sekolah lomba fashion show para pelaku ekonomi kreatif para pelaku seni dan budaya Kota Kupang waktu dan kegiatan dilaksanakan di destinasi wisata pantai nasional pada tanggal 11 sampai 13 Agustus 2023 pembiayaan kegiatan ini didayai oleh DPA Dinas Pariwisata Kota Kupang dan para sponsor kami juga mengucapkan terima kasih pada ibu pendeta dari Ucapan terimakasih kpd sponsorship: 3 ID, Prodia, Point and Lounge, Sari Roti, Hotel Kristal dan PT. Cipta Laku Lestari.” Ujar Josefina Getha,ST.MM Kadis Pariwisata Kota Kupang.

“Lomba Perahu Hias akan memilih 6 Perahu Hias Terbaik juara 1 hingga 6 dengan hadiah untuk Juara 1: 4.000.000,  Juara 2 : 3 500.000,
Juara 3 : 3.000.000, Juara 4 : 2.500.000, Juara 5 : 2 000.000 dan Juara 6 : 1 500.000.” Tambahnya.

Penjabat Wali Kota Kupang dalam sambutannya mengatakan dengan digelarnya Festival Rakyat  Terbaik Untuk Kota Kupang dan kegiatan ini harus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Makin hari tiap tahun harus digelar dengan jauh lebih besar lagi, karena Teluk Kupang sebenarnya memiliki historis atau sejarah yang luar biasa. Teluk Kupang ini sejak dulu adalah sebagai pusat perdagangan dan tempat pusat perdagangan  perikanan. Sejak awal Teluk Kupang adalah sebagai pusat distribusi segala logistik ke seluruh daratan Timor, Rote, Sabu  dan Alor. Oleh karena itu, inilah upaya-upaya pemerintah kota untuk bagaimana meningkatkan potensi-potensi wisata, tapi sekaligus juga menggali potensi serta  memperbaiki sistem peningkatan potensi dan destinasi wisata di Kota Kupang dengan tetap mempertahankan nilai-nilai sejarah dan nilai-nilai budaya yang ada di Nusa Tenggara Timur, khususnya ada di kota Kupang.” Ujar Peniabat wali Kota.

Penjabat Wali Kota juga menyampaikan, bahwa “Saat ini juga perlu saya informasikan bahwa sementara berlangsung event event budaya di semua Kelurahan sekaligus dalam rangka memperingati HUT kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78.  Tentu ini akan membawa dampak positif. Kita lihat bagaimana meriahnya dan inilah bukti kehadiran pemerintah untuk mendatangi rakyat dengan membawa hiburan dan atraksi-atraksi yang membuat rakyat bisa lebih bersemangat dalam bekerja maupun dalam mengatasi stres hidup. Karena kita melihat ada beberapa kelurahan yang memang partisipasi masyarakat tinggi dan semua berlangsung dengan aman. Partisipasi UMKM binaan mulai dari Bank Indonesia Bank NTT dan seluruh bank perbankan sampai dengan pemerintah Dinas perindag Koperasi ini juga hadir tetapi memang kita perlu atur ekosistemnya supaya bisa lebih baik di waktu yang akan datang.” Ujar Pj.George.

Penjabat menyatakan event seni dan budaya sudah on the treck hanya tinggal  ditingkatkan lagi ke kualitas maupun kuantitas dalam event event ke depan.

“Kita karena orientasi kita sementara dipersiapkan dengan RT RW-nya kita berharap seluruh kawasan di pesisir pantai akan menjadi kawasan pariwisata dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru kota Kupang.” Tutup penjabat walikota mengakhiri sambutan.

Setelahnya penjabat wali kota dan kapolres bersama perwakilan BI NTT mengibarkan bersama-sama bendera tands dimulainya lomba kapal hias.

Penjabat wali kota dan beberapa pimpinan OPD mengikuti kapal-kapal hias mengarungi pesisir laut Namosain menuju pantai Lasiana sebagai garis finish lomba perahu hias.|| jbr