Kota Kupang Jadi Tuan Rumah Ke-9, Festival Kawasan Indonesia Timur

Uncategorized

KUPANG, TOPNewsNTT||Yayasan Bakti Bursa Pengetahuan Kawasan Indonesia Timur (BaKTI) bersama pemerintah Kota Kupang akan menggelar Festival Kawasan Indonesia Timur Tahun 2023.

Festival KWIT tersebut akan berlangsung tanggal, 26-27 Juli 2023, di Hotel Harper Kupang dan diikuti kurang lebih 1000 peserta dari berbagai latar belakang pekerjaan.

Hal ini disampaikan secara daring oleh Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI, Muhammad Yusran Laitupa, Kamis (20/07) dalam presscon di Ruang Garuda Lantai 2 Kantor Wali Kota Kupang.

Dijelaskan Laitupa, Festival Kawasan Indonesia Timur merupakan kegiatan kesembilan yang dilaksanakan di Kota Kupang.

“Ada 4 elemen penting dalam pelaksanaan FKWIT yakni pertama, menginspirasi. Festival Kawasan Indonesia Timur akan menampilkan model cerdas pembangunan sejumlah provinsi di kawasan Indonesia Timur.

Selain itu, ada event diskusi tematik terpisah, yang melibatkan pemerintah, swasta, dan komunitas lainya.

Ada juga kegiatan pameran keberhasilan pembangunan sejumlah wilayah di kawasan Indonesia timur, yang melibatkan NGO, Komunitas dan sektor swasta.

Malam harinya akan digelar malam budaya yang merupakan rangkaian dari pementasan budaya NTT yang menghadirkan kuliner khas NTT, tenun, tarian, musik, dan komoditas lokal, termasuk kopi, dan lain-lain,”jelasnya.

Dikatakannya lagi, kegiatan Festival Kawasan Indonesia Timur akan menjadi bagian dari proses interaksi yang dilaksanakan secara regional, untuk meningkatkan kebanggaan terhadap produk dan budaya sendiri.

“Kegiatan akan diakhir dengan local champion incubator yang pertama kali diselenggarakan BaKTI dan Pemerintah Provinsi NTT. Kita akan mengambil 4 desa di NTT yang akan menginspirasi pembangunan bagi desa-desa di seluruh Indonesia.” Ulasnya.

“Desa tesebut yakni, Desa Letbaun di Kecamatan Semau, Bokong di Kecamatan Taebenu, Desa Oelatimo di Kecamatan Kupang Timur dan Desa Oenoni II di Kecamatan Amarasi.” Pungkas Laitupa.

Lebih lanjut, Asisten II Sekda Kota Kupang, Ignasius Lega menyampaikan, sebagai tuan rumah, pemerintah Kota Kupang mendukung penuh Festival Kawasan Indonesia Timur.

Dijelaskan Ignasius, mulai tanggal 22 Juli 2023, kita mulai lakukan persiapan untuk menyambut malam budaya pada tanggal 27 Juli 2023.

“Ada beberapa rangkaian acara mulai dari tanggal 22 sampai 26 di Kantor Gubernur setiap malam. Dan tanggal 27 Juli kita akan bersama-sama BaKTI menggelar malam budaya,” jelasnya.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kupang Wildrian Ronald Otta, SSTP., MM mengatakan, untuk meramaikan Festival Kawasan Indonesia Timur, maka Pemkot Kupang akan menggelar Festival Doldolu.

Festival Doldolu ini akan dimulai tanggal 22 Juli 2023 dengan sejumlah kegiatan, diantaranya Expo UMKM dan Expo Properti.

“Puncak Festival Seni dan Budaya Kupang Doldolu tanggal, 27 Juli 2023 akan diselenggarakan kontes seni budaya,” ujar Andre Otta.|| jbr