Ajang Promosi Prodi Teknik Elektro FST Undana, Gelar Lomba Robotic School Competition Bagi Siswa SMA Negeri di Kupang

Pendidikan tinggi Regional

KUPANG, TOPNewsNTT|| Fakultas Sains Teknologi (FST)  Undana Prodi Teknik Elektro menggelar Lomba Robotic School Competition bagi siswa SMA se kota Kupang pada Sabtu, 11 Juni 2022.

Lomba digelar di fakultas elektro di Kompleks Undana Penfui dan diikuti oleh siswa 11 dari 5 SMA 3, 5, 6, 8, 11. Peserta berju.lah 7 tim 14 orang dan berlangsung sehari.

Ketua Prodi Don Pollo dosen sekaligus ketua Bidang Minat dalam wawancara  mengatakan bahwa tujuan digelarnya kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Prodi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Undana ini pertama adalah untuk memperkenalkan serta menggali  minat dan bakat siswa SMA dalam bidang teknik elektro.

Kedua adalah sebagai ajang promosi bagi siswa SMA kelas 11 bahwa di Fakultas Sains dan Teknologi ada prodi Teknik eEektro, dan jika naik ke kelas 3 SMA bisa mempertimbangkan masuk ke prodi Teknik Elektro FST Undana.

Don juga mengatakan karena penganggaran khusus kegiatan seperti ini sudah disediakan oleh Fakultas ke masing-masing prodi, maka prodi bebas menggunakan untuk menggelar kegiatan-kegiatan eskul yang dapat makin menggali potensi dan sebagai ajang practical bagi mahasiswa.

Ke depannya, lanjut Don, prodi akan menggelar event dengan peserta lebih banyak dan hadiah lebih besar, dan juara dari setiap lomba dari siswa SMA jika memilih masuk ke FST prodi Elektro maka akan didukung ke  event serupa di tingkat nasional.

Sementara Wakil dekan Johanis Bowak,S.ST menyatakan dukungan yang sangat besar dari pihak fakultas ke prodi dengan bukti dukungan dana kegiatan.

Johanis Bowak, wakil dekan dalam sambutanya

Dan ajang ini juga sangat disetujui karena sebagai bagian dari promosi Prodi Elektro secara khusus dan FST secara umum ke para siswa SMA sebagai cama dan cami nantinya.

Pada sesi lomba dibagi dalam 2 pol besar yakni semi final dan final.

Dalam babak penyisihan dibagi dalam 3 pol a, b dan c dengan masing-masing pol akan berhadapan 2 tim dari dua sekolah berbeda untuk mencari 3 peserta ke babak  play off atau final untuk peroleh 3 juara yakni 1, 2 dan 3.

Setiap peserta dalam satu race diberi waktu 5 menit dan harus mampu melewati 4 cek point. Tapi jika tidak mampu melewatinya maka pemenang akan diambil dari yang mampu melewati cek point terbanyak dan paling cepat.

Pada Pull A dengan 2 kali race, race  pertama berhadapan  SMAN 3 tim B  dan SMAN 8 tim B yang  dimenangkan oleh tim b SMAN 8 yang robotnya mampu masuk ke garis finish (4 cek point)  pada menit ke 4.

Pada Race kedua berhadapan SMAN 3 tim B dan SMAN  8 tim A dan dimenangkan oleh SMAN 8 tim A dalam 2 kali race,  SMAN 8 tim B mampu masuk garis finish atau mampu melewati 4 cek poin  walau sempat robotnya berputar-putar 30 menit  sebelumbmasuk finish dimenit-menit terakhir.

Pol B babak penyisihan pada race pertama berhadapan  SMAN 5 dan SMAN 11 kota Kupang dan dimenangkan oleh SMAN 5.

Race kedua di poll B tim kedua masih SMAN 11 dan SMAN 5 dan dimenangkan oleh robot SMAN 5 jadi di pol B dua kali race dimenangkan oleh tim SMAN 5.

Pol C dua kali race, race pertama antara SMAN 11 tim A dan SMAN 6 dan dimenangkan oleh SMAN 6 satu-satunya siswi Baby Saudila kelas 11 MIPA.

Tapi pada Race 2 masih SMAN 6 antara Baby Saudila dan SMAN 11 dan dimenangkan oleh SMAN 11.  Namun karena seri maka diulang race ke 3 dan tapi  dimenangkan oleh tim SMAN 11.

Pada babak play off antara SMAN 8 TIM B dan SMAN 5, dilakukan 3 kali race, race pertama dan kedua hasilnya seri dan pada tambahan atau race ke 3 dimenangkan oleh SMAN 5 sehingga SMAN 5 masuk ke babak final penentuan juara.

Play Off pol B 2 kali race berhadapan SMAN  8 tim A dan SMAN 3 yang dimenangkan oleh SMAN 8 tim A.

Selanjutnya adalah babak final SMAN 5 dan SMAN 3 untuk juara 3 dan SMAN  8 Tim A dan B berlomba  untuk juara 1 dan 2 pada sirkuit 1 jalur. Ketiga peserta diharuskan mampu melewati 4 cek point dalam atau paling tidak mampu melewati 1 cek point dalam waktu paling singkat. Dan yang paling banyak melewati cek point dalam waktu tercepat adalah juara 1,

Pada babak final race pertama SMAN 5 gagal melewati cek point hingga waktu selesai.

Selanjutnya SMAN  3 berusaha melewati 4 cek point di race pertama untuk memperebutkan juara 3.

Race kedua untuk memperebutkan juara ke 3 kembali SMAN 5 berusaha melewati 4 cek point dalam waktu 5 menit  di race ini peserta SMAN 5 hanya mampu melewati cek point pertama hingga menit ke 2 dan pada menit ke 4 lewat 43 detik ia mampu melewati cek point kedua, namun hingga menit ke 5 dia stag di cek point ke 2.

SMAN 3 melakukan race kedua untuk memperebutkan juara ke 3 namun gagal juga melewati cek point ke 4. Untuk juara 3 SMAN 3 Ddan 5 harus mengulang lomba akibat seri sehingga pada pertandingan ulang, SMAN 5 berhasil meraih juara 3.

Pada final memperebutkan juara 1 dan 2, berhadapan SMAN 8 tim A dan SMAN 8 tim B dan juara 1 jatuh ke tim A SMAN 8 dan Juara 2 Tim B SMAN 8.

Pada sesi penyerahan hadiah kepada para juara yang dilakukan oleh Don Pollo koordinator Program sMstudi Teknik Elektro memberi pesan  agar mereka dapat mengembangkan apa yg dicapai dan berharap sekolah bisa berpartisipasi lagi.

“Karena ini sebagai fondasi untuk meningkatkan lomba pada tahun-tahun kedepannya.” Ujar Don berpesan.

Dan hasil akhir lomba Robot hari ini adalah  keluar sebagai  Juara 1 dari SMAN 8 Tim A (Yusup Laupada dan Ibrahim Karmani) peroleh hadiah Rp1.500.000, Juara 2 SMA 8 Tim B (Lebrina Sole dab Damianus Tega Nitit)  peroleh hadiah Rp1.000.000 dan juara 3 SMAN 5 (Paicarpus M.E.B.Libak dan Herman Eik) Hadiah Rp500.000.|| juli br