Pj.Wali Kota Kupang Minta Media Beri Kontribusi Positif Bagi Pembangunan : “Informasi Yang Mengedukasi Masyarakat”

Birokrasi Jurnalisme Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT.com|| Pj.Wali Kota Kupang Fahrensy Funay mengakui peran positif media (jurnalis) beri kontribusi positif bagi keberhasilan pelaksanaan program kerja Pemkot di kota Kupang. Demikian antara lain tersirat dalam pernyataan Pj.Wali Kota Fahrensy Funay, saat membuka  jumpa pers bersama insan media yang juga dihariri oleh para asisten, para staf ahli wali kota, para pimpinan opd dan para camat, di Aula Rujab.Wali Kota Kupang (Senin, 8/1/2023).

Awali jumpa pers Pj.Fahrensy Funay menyentil peran pers sebagai penyambung komunikasi yang positif antara pemerintah dan masyarakat. Di era globalisasi ini sangat penting untuk menyampaikan informasi dan program pembangunan agar dapat diterima masyarakat secara jelas dan berimbang.

Namun diingatkannya, bahwa  di era digitalisasi dinmana marak media sosial, siapapun bisa menjadi wartawan termasuk masyarakat.

“Tapi tanpa pengetahuan literasi yang cukup serta tidak berpedoman pada kaidah jurnalistik, informasi yang dipublikasi seringkali bias dan tidak berimbang. Itulah yang menjadi perbedaan antara wartawan profesional yang sudah dibekali dengan kompetensi dan kode etik jurnalistik sehingga mampu menyeimbangkan dan mentransformasikan informasi yang disampaikan.” Cetusnya.

Pj.Wali Kota melanjutkan, “Saya berharap pers di Kota Kupang dapat mengikuti perkembangan teknologi informasi, mengembangkan kompetensi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara berimbang, adil dan tidak bias.”

Ia juga berharap agar informasi yang disampaikan media kepada masyarakat bisa mengedukasi dan berkontribusi pada kondusifitas pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap pers sebagai sumber informasi akan menyediakan dan menjamin kualitas informasi secara baik sehingga publik dapat memanfaatkan informasi yang legal, akurat, aktual dan terpercaya. Terutama pada masa-masa menjelang pemilu seperti saat ini pers harus bisa menjadi pillar demokrasi yang efekfif, objektif, handal dan terpecaya dalam menciptakan suasana demokrasi yamg jujur dan adil dam berkeadilan sosial.

Ia mengingatkan juga sebagai mitra pemerintah pers tidak hanya berperan sebagai corong berbagi informasi terkait program pembangunan maupun memberikan pemahaman kepada masyarakat atas kebijakan publik yang dilakukan pemerintah. Tapi kami sadari rekan media juga punya fungsi kontrol sosial dalam mengawasi jalannya roda pemerintahan agar dapat berjalan dengan baik serta juga mengevaluasi program kerja pemerintah agar dapat disempurnakan untuk kesejahteraan masyarakat. Pada pertemuan ini pemkot memberikan ruang dan kesempatan bagi rekan wartawan untuk menjalankan fungsi kontrol itu dengan mengevaluasi dan memberikan masukkan terkait program-program yang sudah terlaksana pada tahun 2023 dan program yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini.

“Kita semua bertanggungjawab untuk memberikan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik sesuai dengan tupoksi kita masing-masing.” Tutup Pj.Wali Kota.|| jbr