Panitia Perayaan Jibelium HUT 100 Tahun Jemaat Bait El Nunhila Gelar Jalan Santai Sebagai Opening Ceremony

Religi Warta Kota

KUPANG,TOPNewsNTT|| Panitia Perayaan Jibelium HUT 100 Tahun Jemaat GMIT Bait El Nunhila menggelar Jalan Santai sebagai Opening Ceremony menuju Puncak Perayaan Jibelium 100 Tahun HUT yang akan jatuh pada 17 Juni 2023 Gereja tertua kedua setelah Jemaat GMIT Kota Kupang ini pada Sabtu, 11/3/2023 pukul 05.00 wita.

Pelepasan peserta Jalan Santai dengan Thema “Road to 100th JEBAN” melibatkan sekitar 200 peserta dari perwakilan 13 rayon, dilepas di depan gedung Kebaktian Jemaat GMIT Bait El Nunhila di jalan Kecapi, kelurahan Nunhila.

Peserta yang dilepas di depan gedung Kebaktian akan berjalan santai sambil menyanyikan lagu rohani menjemput peserta jemaat rayon lain yang menunggu di rayon masing-masing dan melewati Rute Kelurahan Nunbaun Delha, Fatufeto, Nabois, Nunhila dan melewati jalan menuju kelurahan Nunbaun Sabu menuju tempat finish dan pelaksanaan acara Opening Ceremony di Pelabuhan Nunbaun Sabu.

Nampak hadir dan turut mengikuti Jalan Santai dan menghadiri Opening Ceremoni HUT 100 Tahun JEBAN yaitu Ketua Majelis Jemaat Bait El Nunhila Ibu Pdt.Selviany A. Pollo-Milla, S.Th, Wakil Ketua 1 Jemaat Bait El Ninhila, Ibu Pdt. Marsalina Henderina Elisabeth Saetban – Maufa, S.Th dan Wakil Ketua 2 Jemaat Bait El Nunhila, Ibu Pdt.Erlynardi T.F.Riwu Rame-Radja Dima,S.Th dan anggota DPRD Kota Kupang Fraksi Partai Golkar Alfred Djami Wila.

Peserta dengan berkostum merah putih terdiri dari perempuan dan laki-laki dari yang berambut putih sampai anak-anak PAUD semua berbaur dan  nampak ceria, antusias dan bersemangat berjalan santai dan di pelabuhan sudah dibuat panggung mini tempat dilaksanakan acara demi acara seperti senam, quiz dan ditutup dengan pelepasan rangkaia Balon dengan selempang merah bertuliskan Jibelium 100 Tahun JEBAN (Jemaat Bait El Nunhila) oleh Pendeta Silvya didampingi 2 pendeta lainnya, panitia penyelnggara diikuti oleh jemaat dengan masing-masing balon di tangan.

Dan ada pemberian door prize yang diberikan sebagai reward kepada peserta jalan santai yang diletakkan dalam beberapa balon dan yang mampu berdance dengan heboh dan menghibur.

Membuka Opening Ceremony, Pdt.Erlynardi T.F.Riwu Rame-Radja Dima,S.Th memberi pesan singkat bahwa jemaat harus sangat bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan menyaksikan dan merayakan 100 Tahun Berdiri dan bertumbuhnya jemaat ini.

“Tapi harus kita ingat, yang kita rayakan bukan 100 tahun gedung gereja tapi 100 tahun bertumbuhnya jemaat dalam iman kepada Yesus Kristus, Tuhan dan penyelamat kita. Kita merayakan 100 tahun perjalanan jemaat ini yang penuh pergumulan dan tantangan, suka duka dan airmata tapi kita berkemenangan dalam penyertaan Allah Bapa dalam Yesus Kristus hingga 100 tahun. Ini hal yang luar biasa harus disyukuri. Kita juga sekaligus mengenang dan menghargai serta belajar dari perjuangan para pendahulu baik jemaat maupun pendiri dan para abdi Allah yang sudah mendahului kita di dalam perjalanan jemaat ini. Sekaligus kita memelihara dalam kesatuan di dalam kasih Allah Bapa persatuan kita dalam iman ke depan.” Pesannya.

Ketua panitia perayaan Jibelium 100 Tahun HUT Jemaat Bait El Nunhila, Ramedes Taga Doko kepada media menjelaskan bahwa Opening Ceremony ini dilaksanakan sebagai tanda dimulainya 100 kegiatan H-100 menuju Puncak Acara 17 Juni 2023.

“Jadi ada kurang lebih 100 kegiatan oleh kategorial fungsional yan berthemakan “100 Tahun JEBAN.” Jelas Ramedes.

100 Jenis Kegiatan jelang HUT 100 Tahun Bait El Nunhila dengan Thema “JEBAN DALAM PERJALANAN WAKTU” yakni :

1. OPENING : Jalan Santai
🗓 Sabtu, 11 Maret 2023
⏰ 05.00 Wita/ jam 5 pagi

2. LOMBA CCA Tingkat PAR (Per lingkungan 2 Team @ 3 orang) Bahan bacaan: Kitab Hakim-hakim, Matius dan Kisah Para Rasul
🗓 24-26 April 2023
⏰ 16.00 Wita/ jam 4 Sore

3. LOMBA DAUR ULANG SAMPAH + Fashion show : Kategori Lomba PEREMPUAN GMIT
🗓 Jumat, 02 Juni 2023
⏰ 16.00 Wita/ jam 4 sore

4. LOMBA RANKING 1 KAUM BAPAK : Pengetahuan Umum
🗓 Jumat, 05 Mei 2023
⏰ 19.00 Wita/ 4 Sore

5. MALAM Seni Budaya 100 Penari untuk Jeban + GALERI 100 TAHUN JEBAN
🗓 Rabu, 31 Mei 2023
⏰ 18.00 Wita/ jam 6 Sore

6. JEBAN GOT TALENT (Lintas Jemaat)
🗓 5-6 Juni 2023
⏰ 16.00 Wita/ jam 4 Sore

7. LOMBA VG. PEMUDA LINGKUNGAN
🗓 Rabu, 7 Juni 2023
⏰ 19.00 Wita/ jam 7 malam
8. PENARIKAN KUPON BERHADIAH
📅 belum ditentukan tanggal pasti
⏰ 16.00 Wita/ Jam 4 Sore

9. IBADAH PENYEGARAN IMAN HUT 100TH JEBAN
📅 Jumat, 9 Juni 2023
⏰ 18.00 Wita/ Jam 6 Sore
🏠 Lapangan Fitsa NBD

10. GALADINER + MALAM SUKACITA “Dudu Baomong 100 Tahun DAN Pelayanan Diakonia 100 Paket
📅 Senin, 12 Juni 2023
⏰ 18.00 Wita/ jam 6 sore

11. Donor Darah target 100 kantong darah
belum ditentukan tanggal pasti
⏰ 16.00 Wita/ Jam 4 Sore

Yang unik dari perayaan 100 tahun GMIT bait El Nunhila tahun ini, sebut Ramedes, adalah keterlibatan 9 gereja yang masuk dalam rayon 5 pada puncak perayaan  HUTnya 17 Juni 2023.

“Pada HUT ke 100 tahun ini, anutiasme jemaat dalam lomba menuju perayaan karena sesuai kesepakatan panitia perayaan ini harus betul-betul dari jemaat. Karena ini bukan HUT gedungnya tapi HUT Jemaatnya, manusianya. Walau mungkun kita saat ini tidak ada yang berusia 100 tahun, tapi mungkin ada yang berusia 90, 80, 70 dan itu harus disyukuri karena mereka masih ada hingga jemaat ini berusia 100 tahun.” Sebut Ramedes.

“Pada puncak perayaan tanggal 17 Juni nanti, panitia sudah sudah dikonfirmasi, kehadiran  Pak gubernur Viktor B.Laiskodat dan Pj Walikota Kupang George Hadjoh serta beberapa birokrasi terkait dengan tujuan menunjukkan bahwa jemaat ini tetap terjaga konsistensinya hingga 100 tahun.” Ujar Ramedes.

Ketua MJ Bait El Nunhila Selviany Agustina Kolo Mila,S.Th menjelaskan panitia perayaan Jibelium 100 Tahun HUT Jeban melaksanakan kegiatan 100 sebelum 17 Juni 2023 dan hari ini mengawali dengan jalan santai star dari jemaat Bait El Nunhila mengitari lingkungan-lingkungan yang ada di Bait El Nunhila dan kita berakhir di tempat ini.

“Tentu kegiatan-kegiatan jelang 100 hari HUT Jeban bukan hanyq hari ini tetapi akan terus berlanjut. Panitia sudah rancang 100 kegiatan untuk rayakan 100 Tahun Jeban.” Jelas Mama Pendeta Silvya.

Ia melanjutkan sebagai jemaat kita bersyukur karena merayakan 100 tahun ini melewati perjalanan jemaat Bait El Nunhila hingga 100 tahun ada banyak dinamika yang terjadi. Dan kalau kita mencapai 100 Tahu karena Tuhan Yesus yang sudah menyertai jemaat Bait El Nunhila mengawal  semua kita melewati perjalanan hingga 100 tahun bersama abdi-abdiNya yang mengawal perjalanan ini.” Ujarnya berpesan.

“Kita percaya bahwa Jemaat Bait El Nunhila akan terus berkembang bukan hanya di 100 tahun tapi terus berkarya dalam pekerjaan pelayanan rohani bersama jemaat dan orang-orang yang dipanggil untuk membangun Jemaat Bait El Nunhila.” Ujar Selvya.

Khusus bagi jemaat Pendeta Silvya berpesan seluruh jemaat bisa berpartisipasi dengan semua yang sudah dipersiapkan oleh Panitia.

Kegiatan lomba H-100 HUT Jeban melibatkan semua jemaat (kurang lebih 3 ribu jiwa)  yang tersebar di 13 lingkungan dengan 1.300 kk.

Alfred Djami, anggota DPRD Kota Kupang politisi partai Golkar yang juga merupakan jemaat Bait El Nunhila mengatakan sebagai jemaat dan wakil rakyat sangat mendukung kegiatan ini karena sangat baik dalam menjalin dan membentuk kebersamaan. Karena yang ulang tahun adalah  jemaat (manusianya) dan bukan hanya gedunnya, kegiatan ini sangat positif karena bertujuan untuk membangun kebersamaan dan pelayanan gereja kepada jemaat ke depan.

Sebagai wakil rakyat Alfred menyatakan sangat mendukung hal-hal positif yang dilakukan jemaat dan tentu ada kerjasama antara DPRD dan gereja dalam membangun jemaat selama ini, dan untuk moment ini tentu ada dukungan juga.|| jbr