Jamin Perayaan NATARU 2023 Aman, POLRESTA Kupang Kota Bakal Gelar Operasi Lilin

Kamtibmas Religi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT||Kepolisian Resor Kota Kupang (Polresta Kupang) bakal menggelar Operasi Lilin Turangga 2023 dalam rangka pengamanan Perayaan Natal 2023 dan Perayaan Tahun Baru 2024.

Jadwal terkait pelaksanaan Operasi Lilin menurut Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol Rishian Krisna Budhiaswanto S.H., S.I.K.,M.H belum ditetapkan, menunggu penetapan dari Polda NTT.

“Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 bersamaan dengan moment pemilu 2024, yang pasti Polresta Kupang Kota bakal menggelar Operasi Lilin yang akan melibatkan personel Polri di Lingkup.Polresta Kupang Kota, sesuai kebutuhan, guna menjamin perayaan Hari Keagamaan Natal dan Tahun Baru 2024 akan berlangsung dalam suasana khidmat, tenang, aman serta menjamin tidak terjadinya hal-hal yang mengganggu ibadah, seperti kerusuhan, kecelakaan, keramaian yamg mengganggu kamtibmas.” Jelas Kombes.Pol.Rishian Krisna pada media ini (Selasa, 5/12) di Kupang.

Operasi Lilin akan dilaksanakan untuk beberapa tujuan yakni,

1. Pengaturan Lalin di jalan titik-titik keramaian dan rawan kecelakaan misalnya di pusat perbelanjaan, rumah ibadah dan tempat-tempat keramaian lainnya.

2. Pendirian pos-pos pengamanan di rumah-rumah ibadah umat Kristen,

3. Memastikan tidak ada konvoi yang mengganggu lalin,  kebut-kebutan dan penertiban knalpot racing.

4. Pelarangan masyarakan mengkonsumsi minuman keras.

“Kami akan menggerahkan kekuatan penuh dalam memberikan pelayanan, pengayoman dan pemelihafaan kamtibmas sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru akan berlangsung dengan aman, tertib dan tanpa gangguan.” Tegasnya.

“Apalagi kebetulan tahun ini berkaitan dengan masa kampanye, saya menghimbau dan msngharapkan masyarakat bisa turut secara aktif menjaga dan memelihara keamanan masing-masing dan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang kemudian mengundang konflik, mengganggu kegiatan-kegiatan keagamaan dan kemudian masa kampanye ini juga bisa dilakukan dengan tertib sesuai dengan jadwal yang diberikan, sehingga kegiatan kampanye berjalan dan juga Natal dan Tahun Baru juga berjalan dengan baik.” Himbaunya.

Operasi Lilin Turangga 2023 akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan kemudian, dengan mengerahkan personel sesuai kebutuhan di titik-titik rumah ibadah.

Secara umum, Kapolresta melihat bahwa  masyarakat Kota Kupamg sudah cukup tertib dalam berlalu lintas, “Dan kita harapkan dalam perayaan Nataru ini, masyarakat bisa gunakan helm, tidak lakukan konvoi sehingga mengganggu pengguna jalan lainnya, jangan menggunakan knalpot racing dan tidak melakukan balap liar.” Himbaunya lagi.

Satu hal yang dengan serius diperingatkannya untuk diperhatikan oleh masyarakat Kota Kupang yakni “Kalau bisa masyarakat jangan mengkonsumsi minuman keras di tempat umum, tapi kalau mau minum lakukanlah di rumah saja bersama keluarga.

Kapolresta juga memuji trend kesadaran masyarakat Kota Kupang yang makin baik dan tinggi setiap harinya dalam ikut menjaga ketertiban dan kenyamanan berlalin.||jbr