IKMR Sambut Kontingen Pesparani Manggarai Raya di Kupang

Birokrasi Regional Religi

KUPANG TOPNewsNTT|| Ikatan Keluarga Manggarai Raya (IKMR) hari ini, Sabtu, (3/4) siap menyambut kehadiran kontingen Pesparani II Tingkat Provinsi NTT dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur dan Manggarai Barat (Manggarai Raya) di Kupang.
Ardi salah seorang pengurus IKRM mengatakan kontingen dari tiga kabupaten ini disambut secara bertahap dan terpusat di kediaman Ketua IKMR Aloysius Sukardan dihadiri sejumlah tokoh asal Manggarai.
“Selain penyambutan di bandara bersama panitia, Penyambutan Kontingen Manggarai Raya juga dilakukan dalam seremoni adat di rumah Ketua IKMR Aloysius Sukardan bersama sejumlah tokoh Manggarai di Kupang,” kata Ardi salah satu pengurus IKMR Kupang
Ia menjelaskan, penyambutan kepada kontingen Pesparani dari Manggarai Raya dilakukan dalam tiga kloter.
” Kloter pertama adalah kontingen Manggarai Timur, Kedua nanti jam 1 Manggarai, dan terakhir Manggarai Barat,” sebutnya.
Tadi sekitar pukul 10.30 Kontingen dari kabupaten Manggarai Timur sudah landing di Kupang dan disambut dengan sukacita di bandara El Tari Kupang.
Pantauan media ini, kontingen Manggarai Timur seterusnya diarahkan menuju kediaman Ketua IKMR, Alo Sukardan di Kelurahan Tofa, Kecamatan Maulafa menuggu dua Bus Sekolah yang telah disiapkan oleh panitia
Disana sudah terlihat anggota DPRD Kota Kupang Yosep Dogon dan sejumlah tokoh Manggarai yang sigap menanti kontingen dengan penuh sukacita.
Adapun Manggarai Timur merupakan Kontingen ke 11 yang hadir di kota kupang. Sebelumnya sudah tiba kontingen dari Sabu Raijua, Kabupaten Sumba Tengah, Kabupaten Sikka, Kabupaten Rote Ndao, Flores Timur dan juga kabupaten Kupang menggunakan transportasi laut dan udara melalui bandara El Tari Kupang.

Kontingen dari kabupaten lain akan tiba pada siang ini melalui bandara El Tari Kupang dan siap dijemput oleh masing-masing peguyuban dan diarak menuju penginapan masing-masing.

Ketua Umum Panitia Penyelenggar Pesparani II Tingkat Provinsi NTT Drs. Sinun Petrus Manuk mengatakan ada kurang lebih 750 peserta dan pendamping dari 21 kabupaten/kota yang berpartisipasi dalam kegiatan kali ini minus Kabupaten Nagekeo.

Hari ini Sabtu, 3 September 2022 merupakan puncak kedatangan peserta ke kota Kupang, Mereka ada 13 kloter masuk melalui bandara El Tari Kupang termasuk sejumlah kontingen yang menggunakan jasa transportasi laut.

Peserta dari masing-masing kabupaten/kota akan mengikuti rangkaain perlombaan sebanyak 13 mata lomba untuk kategori anak, remaja dan dewasa yang digelar mulai Minggu, 4- 7 September 2022.

Kegiatan pembukaan dan penutupan dipusatkan di Kampus Unwira Kupang serta menggunakan semjumlah venue lomba di gereja Sta.Maria Asumpta dan Gereja Santo Joseph Naikoten.

Menurut Piter, panitia sudah sangat siap menerima kehadiran peserta dan siap menyukseskan kegiatan tersebut yang rencananya akan dibuka secara resmi dalam perayaan Misa Akbar oleh 3 Uskup yakni Uskup Agung Ende, Uskup Agung Kupang dan Uskup Atambua pada hari Minggu 4 September 2022 jam 16.00 di Auditorum Imakulata, kampus Unwira Penfui Kupang.

Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Wakil Gubernur Josep Nae Soi dijadwalkan hadir dan membuka seremonial pembukaan Pesparani II Tingkat Provinsi NTT. || juli br