Hasil RAT TB 2022 Koperasi Jasa TKBM Kupang, Victoria Wewo Kembali Pimpin, Kredit Rumah dan Motor Bagi Anggotanya

Koperasi Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT || Victoria Wewo kembali pimpin Koperasi Jasa TKBM Tenau Kupang, program jangka panjang yang ditetapkan untuk TB 2023 yang dihasilkan dalam RAT Koperasi Jasa TKBM Pelabuhan Tenau Kupang Tahun Buku 2022 selain pertanggungjawaban kinerja TB  2022 dan pemilihan ketua dan badan pengurus periode 20232028 yang digelar di Kupang (Jumat, 3/2).

Thema RAT TB 2022 adalah “Melalui RAT Tahun 2022 Kita Tingkatkan Profesionalitas Koperasi TKBM Sebagai Penyelenggara TKBM Di Pelabuhan Dalam Mendukung Percepatan Bongkar Muat dan Menekan Biaya Logistik Pelabuhan.”

Keputusan lain adalah sesuai keputusan Menteri Koperasi dan Ketebaga Kerjaan RI bahwa usia pensiun bagi tenaga TKBM adalah 56 tahun dan berlaku sejak Juni 2023, dan bagi ketua regu harus berijasah minimal SMA, dan bagi tenaga ketua regu yang belum berijassh SMA wajib ikut Ujian Persama Paket C. Selain itu ditetapkan pembagian SHU bagi anggota tetap, diklat bagi anggota PKBM, pemberian hak 10 persen bagi badan pengawas, pembukaan lowongan kerja TKBM bagi TKBM  yang sudah pruna bakti debgan ijasah minimal SMA.

Hadir Kepala Dinas Koperasi dan Transmigrasi Prov.NTT Silvya Pekujawang dan Ketua DPD K-SKPSI Provinsi NTT Stanis Tefa dan Ketua DEKOPINWI NTT Domi Ancis.

Stanis mengapresiasi semua anggota yang sudah setia menjadi anggota dan memberi kontribusi membangun kesejahteraan NTT lewat anggota.

Sementara Ketua DEKOPINWIL NTT Domi Ancia mengatakan bahwa Koperasi Jasa TKBM memberi penghargaan pada anggota dan itu bukti koperasi sangat membantu dan mengapresiasi anggotanya.

Kadis Koperasi Sylvia Pekujawang dalam sambutannya mengatakan terima kasih karena Koperasi Jasa TKBM Tenau Kupang sudah memenuhi ketentuan untuk mempertanggungjawabkan kepengurusan kepada anggota dan juga memilih pengurus baru periode 2023-2028.

Hadir juga kepala syabandhar dan GM PT Pelindo Agus Nazar.

Saya sangat berbahagia dengan laporan dan belajar dari laporan badan pengurus bahwa  ada aspek safety yang dijunjung disana dengan bukti pemberian sertifikat dan tunjangan kepada anggota yang sudah pensiun. Aset Rp3 M tapi jumlah anggota berkurang karena ada  banyak yang keluar karena pensiun, purnabakti dan meninggal tapi ternyata ada aspek safety di tempat kerja artinya unsur safetynya sangat dijunjung di koperasi ini. Tapi  ternyata berkurang  karena sampai pada masanya,  bukan dari kecelakaan kerja.” Ujar Silvya mengapresiasi.

Silvya juga mengatakan perkoperasian, aspek pengurus mempertanggubgjawabkan dan kewajiban pengurus sudah memenuhi ketentuan dari tata waktu..

“Saya mengapresiasi bahwa  dari 400an Koperasi yang ada di NTT, Koperasi Jasa PKBM Tenau adalah urutan ke 5 yang lakukan RAT,  yang berarti pengurus benar-benar mememuhi ketentuan dan kewajiban dan berhak ketahui semua progres dan ketentuan kerja dan ada aspek tata kelola yang sangat baik. Dan kami akan lakukan penilaian terkait kesehatan.” Puji Silvya.

Walau diakuinya ada aspek yang dinilai dari Koperasi Jasa TKBM Tenau, yakni berkurangnya dari aspek keanggotaan yang otomatis menurut juga secara aspek dan pajak. Tapi selama ini bapak-bapa akan dapat apa yang menjadi  haknya.” Ungkapnya.

Silvya juga mengapresiasi program KJ TKBM Tenau yakni adanya program  kredit barang elektronik dan rumah bagi anggota yang belum punya rumah yang layak dan sangat membantu anggota dalam masa pandemi.

Ia menekankan satu point besar bagi RAT TB 2023 ini adalah dalam hal pememilih pengurus dan pengawas baru yang merupakan  hak anggota yang sangat penting dengan anggota yang sudah 266 anggota hadir dalam RAT ini, Silvya berharap agar proses pemilihan pengurus dan pengawas bisa penuhi qorum dan memberi manfaat bagi koperasi ini lima tahun ke depan demi kesejahteraan anggota juga.

“Koperasi kuat pada anggota dan modal atau aset, dalam koperasi yang sehat aspek managemen dan aspek aset yang akan diurus oleh pengurus dan pengawas 5 tahun ke depan harus diurus dengan sangat berhati-hati.” Ujar Silvya memperingatkan.

Dengan bijak Silvya menegaskan siapapun yang akan terpilih,  siapapun dia maka suara anggota adalah suara Tuhan dan jangan ada banyak alasan. Karena saat seseorang ketua dan  pengurus sebenarnya  adalah masa dimana yang bersangkutan  kehilangan waktu mengurus dan menilai diri sendiri.

“Pemerintah akan mendukung apapun keputusan koperasi ini. Dan saya apresiasi koperasi ini yang sudah dilindungi oleh Asosiasi buruh. Saya berharap semua bisa berjalan dengan baik.” Ujar Silvya mengingatkan.

Kepada pengurus yang tidak terpilih dirinya ucapkan terima kasih dan kepada yang terpilih ia ingatkan untuk bekerja dengan benar karena jika pelabuhan mulai modern  maka kebutuhan manusia akan bertambah.

“Dalam koperasi,  Pimpinan Tertingga adalah anggota dan  RAT, maka bekerja dan jagalah koperasi ini dengan menjalankan managemen sesuai aturan perkoperasian yang benar.” Ujarnya diakhir sambutan.

Dalam moment ini, Silvya berkesempatan lakukan penyerahan sertifikat penghargaan kepada para anggota yang berprestasi.

Kepada media ketua Koperasi Jasa TKBM Kupang Victorya Wewo menjelaskan bahwa RAT ini selain mempertanggungjawabkan kinerja Para Badan Pengurus TB 2022 kepada anggota tapi juga memilih dan menetapkan Ketua dan Badan Pengurus Baru 2023/2028.

Ibu Ria (sapaan akrab-red) mengatakan dirinya bahwa ia sudah 5 tahun menjabat sebagai ketua KJ TKBM Kupang sehingga ia akan menerima dan legowo jika anggota sudah tidak ingin dirinya memimpin, ataupun jika percayakan dirinya memimpin lagi.

Ibu Ria mengatakan sejak KJ TKMBM Tenau berdiri semua tenaga kerja yang termasuk dalam mamagemen Pelabuhan Tenau menjadi anggota. Dan hari ini penyerahan sertifikat adalah merupakan syarat sebagai anggota TKBM di pelabuhan Tenau. Jadi siapapun yang ingin menjadi anggota TKBM Tenau wajib memiliki sertifikat.

Di Koperasi TKBM Tenau dalam TB 2023 ada program pemberian kredit barang elektronik dan juga kredit perumahan bagi anggota yang belum punya rumah. Koperasi ini menurut Bu Ria didirikan oleh 3 Kementerian yakni Perhubungan, Koperasi dan Ketenagakerjaan sebagai wadah pengganti Yayasan Usaha Karya yang kala itu mengelola tenaga kerja bongkar muat. Instruksi presiden no 4/1985 yang membubarkaj Yayasan Usaha Karya dan terbentuklan yang namanya Koperasi TKBM diseluruh Indonesia yang dipercaya untuk mengelola tenaga kerja bongkar muat. Jadi sampai dengan sekarang ini kita RAT sudah ke 33 maka koperasi ini sudah berdiri sejak 33 tahun lalu. Banyak diluaran sana sudah mulai goyah dan tinggal nama tapi puji Tuhan KJ TKMBM masih berdiri.

Aset Koperasi TKBM Tenau sudah Rp 3 M yang terdiri dari simpanan anggota, aktiva tetap tidak bergerak seperti tanah, mobil dan kendaraan-kendaraan roda 2 yang lain.

Di.koperasi juga ada simpan pinjam dan sana purna bakti atau tali asih, walau sudah ada dana pensiun dan BPJS.

Harapan dari kegiatan bisa lahirkan program kerja biaa berjalan dengan baik dan mensejahterakan anggota.

Daniel Nggeok, anggota dan kepala regu 04 dan badan pengawas Koperasi TKBM menyatakan harapannya agar dalam pemilihan hari ini Ibu Ria masih terpilih sebagai ketua koperasi.

“Kita akan calon tunggal saja karena ternyata ibu ketua ketika saya dampingi di Jakarta disana ibu Ria super power di semua primer koperasi di seluruh Indonesia dan hari ini saya akan bicara bahwa saat ini kita belum punya figur lain selain ibu Ria dan kepada ibu Ria dan pengurua yang akan terpilih saya harapkan untuk mempersiapkan saja figur ketua untuk 5 tahun ke depan lagi yang punya figur yang bisa sama atau kurang lebih sama dengan ibu Ria untuk pimpin Koperasi ini.” Tandasnya bersemangat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pelanntikan ketua dan bada pengurus periode 2023-2028 oleh Kadis Koperasi dan Transmigrasi Provinsi NTT Silvya Pekujawang.|| juli br.