Bupati Thomas Ola, Mari Hidup Nilai Budaya Lokal Kita

Birokrasi Daerah Pariwisata Budaya

Lewoleba, TOPNewsNT|| “Nilai-nilai budaya yang diwariskan leluhur ini semakin luhur. Saya mengajak agar kita kembalikan peran dan tugas di setiap suku-suku yang ada di kampung kita. Sehingga nilai itu tetap terjaga hingga anak cuxu nanti.” Ajak Thomas Ola.

Eksplorasi budaya Lembata yang digagas Bupati Lembata Thomas Ola disambut antusias masyarakat di semua kecamatan . Setelah melewati beberapa titik dari kecamatan Ileape Timur, Lebatukan, Buyasari (Senin, 21/2).

Even yang dibuat secara terpisah di semua kecamatan ini, kembali digelar di kecamatan Wulandoni tepatnya di Desa Leworaja.

Sejak pagi di hari itu, hujan mengguyur lekat hampir seluruh desa di Wulandoni. Namun demikian tidak menyurutkan sedikitpun antusiasme masyarakat untuk menghadiri Ekslporasi Budaya Lembata yang salah satunya mempertontonkan Napak Tilas Sejarah Pelarian Ribu Ratu Dari Pulau Lepan Batan, terutama tiga suku (Mayeli, Rongan dan Lemablawa) yang menghuni kampung lama Tanjung Raja) yang kemudian pindah dan bermukim di Desa Leworaja dan Pantai Harapan.

Bupati Thomas Ola dalam sambutanbya mengajak semua masyarakat kembali nilai-nilai budaya lokal yang ada di seluruh Lembata. Hal ini menurutnya sangat penting mengingat mulai lunturnya penghayatan nilai-nilai luhur budaya lokal terutama oleh generasi muda.
“Nilai-nilai budaya yang diwariskan leluhur ini semakin luntur. Saya mengajak agar kita kembalikan peran dan tugas di setiap suku-suku yang ada di kampung-kampung kita. Sehingga nilai itu tetap terjaga hingga anak cucu nanti.” Ajak Thomas Ola.

Nilai-nilai budaya, lokal menurutnya harus bisa dijadikan pedoman atau norma dalam hidup masyarakat. Untuk itu desa berkewajiban mengaktifkan kembali lembaga-lembaga adat yang ada di desa-desa agar nilai dan norma budaya yang terkandung dalam berbagai trandisi dapat dihidupkan kembali.

Untuk diketahui, Eksplorasi Budaya Lembata yang digelar di Desa Leworaja Wulandoni diawali dengan virtual Paku Lewo (Paku Kampung) di rumah adat Mayeli.

Pada kesempatan itu, Bupati Thomas Ola juga menyerahlan suray keputusan Bupati Lembata tebtang Kawasan Kampung Wisata Lamalera dan sekitarnya.**{juli br}

Sp.prokopim setda lembata