Wagub Apresiasi Save the Chidren terhadap Pengembangan Anak Usia Dini

Daerah Pendidikan

NTT, Top News NTT.,■■ ”Saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah mendukung penyelenggaraan acara Pameran dan Pembelajaran PAUD Holistik Integratif ini terutama Save the Children selaku penyelenggara, dan Pemerintah Kabupaten yang telah mengembangkan PAUD HI serta semua pihak yang telah dengan caranya masing-masing telah berkontribusi bagi pengembangan PAUD HI,” jelas Wagub Nae Soi saat menyampaikan arahan sekaligus membuka kegiatan Pameran dan Pembelajaran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, bertempat di Hotel Swiss Belinn Kristal Kupang, pada Kamis (4/7)

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Save the Children mengangkat tema _Investasi Dini Menuju Generasi Unggul Menyambut Bonus Demografi._

Pada kesempatan itu juga Wagub Yosef turut menjelaskan mengenai Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD.

”PAUD HI merupakan Program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 tentang PAUD, dimana dijelaskan bahwa Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini, yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistimatis, dan terintegrasi sehingga anak-anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal yang mana akan berdampak pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia pada masa depan,” jelas Yosef.

”Program PAUD HI merupakan program multi pihak yang membutuhkan partisipasi dan kerja sama dari berbagai Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Swasta dan Lembaga Non-Pemerintah, juga masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur sebagai penerima manfaat,” tambah Nae Soi.

Wagub mengharapkan agar para pemangku kepentingan baik di tingkat Provinsi dan Kabupaten beserta stakeholder terkait lainnya, memiliki pemahaman yang sama mengenai peluang dan tantangan dalam upaya Pelaksanaan Program PAUD HI yang lebih komprehensif.

”Melalui pameran ini, saya mengharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan pengetahuan para pemangku kepentingan, dan terjadinya proses sharing pengalaman dan replikasi program Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik dan Integratif,” pungkas Yosef.

Lebih lanjut, Wagub Yosef sangat mengharapkan adanya kesepakatan bersama yang dirumuskan dalam kegiatan ini untuk memberikan masukan bagi pemerintah dalam upaya memenuhi Misi IV Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, yakni Pembangunan Sumber Daya Manusia terutama Pengembangan Anak Usia Dini yang Holistik dan Integratif, demi mencapai bonus demografi tahun 2030.

Diakhir sambutannya Wagub kembali mengucapkan terima kasih kepada Save the Children dan juga berharap agar pengembangan implementasi Program Pengembangan Anak Usia Dini dapat bermanfaat dan dapat diterapkan di setiap wilayah di Provinsi Nusa Tenggara Timur demi penyediaan akses terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia yang berkelanjutan.

“Sekali lagi, kami berterima kasih kepada Save the Children yang sudah membantu Pemerintah Provinsi NTT untuk mendidik anak usia dini,” ucap Yosef mengakhiri sambutannya.

Pameran dan Pembelajaran Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif tersebut dilaksanakan mulai tanggal 4 sampai dengan tanggal 5 Juli 2019.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Belu, Direktur Pendidikan dan Agama Bappenas /Bapak Amich Alhumami, MA, M.Ed, Ph.D, Asisten Deputi PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Masyarakat Kemenko PMK RI/Ibu DR. Femmy Eka Kartika Putri, M.Psi, Wakil Bunda PAUD Provinsi NTT, Unsur Forkopimda, pimpinan  dan utusan perangkat daerah baik lingkup Pemprov NTT maupun dari Pemkab Belu, TTU, TTS, Kab. Kupang, Kota Kupang, Sumba Barat, Sumba Tengah serta Pemkab Lombok Utara, Para Tokoh Agama, Para Pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat dan Organisasi Masyarakat Sipil, Para Akademisi, Para perwakilan mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru PAUD Undana, serta Para Insan Pers. ■■ Juli BR

Sumber :  Siaran Pers Biro Humas dan Protokol NTT