UPTD SMPN 21, Sekolah Negeri Berasrama Pertama Di Kota Kupang Siap PPDB 2023

Pendidikan Warta Kota

KUPANG, TOPNewsNTT|| “Walau baru  terbentuk untuk tahun ajaran 2023/2024, dan menempati gedung SDI Oebufu, tapi UPTD SMPN 21 adalah sekolah pertama di Kota Kupang ini yang akan dilengkapi asrama.” Cetus ibu Yosefina Hoar Klau,S.Pd Kepala UPTD SMPN 21 Kota Kupang (Jumat, 16/6).

Asrama, tambahnya, akan ditujukan bagi para siswa yang berprestasi dibidang olahraga, seni dan lain sebagainya.

Saat ini sedang melaksanakan PPDB TA 2023/2024 dengan kuota 84 siswa dan 2 rombel.

“Sekolah ini berada di kelurahan Kayu Putih dan siap menerima dan mendidik casis dari 4 kelurahan yang berdekatan, yakni TDM, Kayu Putih, Oebufu dan Oepoi.”tambah Ibu Yosefina bersemangat.

Pendirian sekolah  ini menurutnya  berdasarkan kerinduan dan permintaan orangtua dan warga umumnya di kelurahan TDM, Oebufu, Oepoi dan Kayu Putih agar anak-anak mereka punya sekolah yang dekat, karena letak SMP yang selama ini jauh dari keempat kelurahan. Dan pemerintah menyambut baik keinginan tersebut dan bahkan memprogramkan melengkapi sekolah ini dengan asrama. Dan akan menjadi sekolah menengah pertama berasrama pertama di Kota Kupang.

“Selama ini anak-anak dari kelurahan TDM, Oebufu, Oepoi dan Kayu Putih bersekolah ke SMP yang jauh jaraknya, sehingga warga menginginkan adanya sekolah menengah pertama yang dekat demgan keemoat kelurahan ini. Dan pemerintah menyambutnya dengan mendirikan UPTD ini bahkan memprogramkan akan melengkapinya dengan asrama bagi siswa berprestasi di bidamg olahraga, seni dan lain-lain.” Jelasnya.

Saat ini sekolah ini masih menggunakan fasilitas ruang kelas SDI Oebufu sambil menunggu proses pembangunan gedungnya pada TA 2024 yang terletak di kelurahan Kayu Putih.

UPTD SMPN 21 sudah melaksanakan PPDB yang digelar secara offline yakni dari 14-17 Juni dan hingga 16 Juni sudah mencapai 56 siswa dari kuota 84 siswa kelas 7.

Saat ini UPTD SMPN 21 Kota Kupang memiliki 18  guru tenaga pendidik dan 3 orang tenaga kependidikan yang siap mendidik putera-puteri dari 4 kelurahan diatas.

“Saya ajak bapak ibu yang punya anak tamantan SD dari kelurahan TDM, Kayu Putih, Oebufu dan Oepoi ayo daftarkan anak bapak mama ke sekolah ini akan kami didik dengan hati, dedikasi dan intelektual kami yang terbaik yang bisa kami berikan. Sekolah ini akan memangkas biaya transpor dan memberi kemudahan  karena terdekat dengan empat kelurahan tersebut.” Ujarnya.

Ibu Yosefina meniatkan komitmen kuatnya memangemen sekolah ini dengan prinsip bahwa, “Jika kita punya niat mencerdaskan anak bangsa, kendala apapun tidak akan berarti. Karena itu mari kita bersinergi membangun NTT dari aspek pendidikan, Pemthaheliz harus berjalan yakni antara sekolah, orangtua, guru dan pemerintah dan lembaga agama. Agar pendidikan meningkat dan kebodohan dan kemiskinan dihempaskan, maka NTT akan Bangkit dan Sejahtera.”  Ajaknya

Untuk TA ini, Juli 2023 KBM akan efektif  dimulai dengan menerapkan Kurikulum Merdeka dan melaksanakan project-project Kewirausaha dan Stop Bullying untuk wujudkan Profil Pelajar Pancasila.|| jbr