Kemen.Kominfo Gelar Webinar Literasi Digital di Ruteng

Birokrasi Daerah Edukasi nonformal Literasi

RUTENG-NTT, TOPNewsNTT||. Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani Pangerapan secara virtual membuka dengan resmi kegiatan Webinar Literasi Digital yang berlangsung di Sky Flores Hotel Ruteng, Kabupaten Manggarai Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (18/10/2021).

Direktur Jenderal (Dirjen) Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani

Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (KEMENKOMINFO RI) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika bekerja sama dengan Cyber Kreasi.

Kegiatan Webinar ini mengusung tema “Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Masa Pandemi” dan kegiatan ini juga aktif menerapkan protokol kesehatan serta seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, sudah melalui tes antigen, memakai masker, mencucui tangan dan menjaga jarak.

Saat memberikan sambutan dan membuka dengan resmi secara virtual  Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian KOMINFO RI, Samuel Abrijani Pangerapan mengatakan kegiatan yang diselenggarakan ini yaitu dalam rangka memberikan literasi digital kepada masyarakat.

“Seperti kita ketahui kehadiran pandemi Covid-19 dan pesatnya perkembangan teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kita harus aktif bekerjasama dalam mewujudkan transformasi digital Indonesia,” ujar Samuel.

Dalam rangka mencapai tingkat literasi yang baik pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, Kementerian KOMINFO dan berbagai stake holder terus melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia dan salah satunya yaitu lewat kegiatan Webinar Literasi Digital yang diselenggarakan kali ini, jelasnya.

“Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus kita semua miliki. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kominfo bersama Cyber Kreasi berkomitmen akan terus melakukan  berbagai upaya meningkatkan literasi digital masyarakat lewat berbagai inisiatif kegiatan. Adanya berbagai inisiatif kegiatan literasi digital dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia,” kata Samuel.

Keadaan normal yang baru baik sekarang maupun pasca pandemi akan mempercepat proses digitalisasi diberbagai lini kehidupan. “Maka dari itu kita harus mempersiapkan SDM kita dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini turut hadir sebagai Narasumber yaitu Akademisi dan Pakar Teknologi Pendidikan Dr. Marselus Ruben Payong, M.Pd, Akademisi Yohanes Mario Vianney,SS.,MM, Akademisi dan Pegiat Literasi Fabianus Hadiman Bosco, Akademisi dan Pegiat Budaya Agustinus Hartono, serta hadir selaku Key Opinion Leaders Vianus Jebarus (Inji Bomatra) yang merupakan  konten kreator dan YouTuber. Hadir pula selaku host dalam kegiatan ini yaitu Feliks Hatam.

Untuk diketahui jumlah penonton di Zoom Meeting yang turut hadir dalam kegiatan Webinar Literasi Digital ini mencapai lebih dari 300 peserta dan para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan.|| juli br