Gerakan Awal Pemerintahan Hery-Hery Ubah Manggarai : Netralisir Bathin Staf, sampai Infrastruktur Jalan, Listrik dan Air

Birokrasi Daerah Politik

Manggarai Barat, TOPNewsNTT||Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat yang mengusung Paket Herry-Herry (Herybertus G.L.Nabit S.E., M.A, dan Heribertus Ngabut, S.H), sudah dilantik pada Jumat, 26/02 dan langsung bertugas di Manggarai.

Seperti apa gerakan awal pemerintahan pasnagan Heri-Heri yang mengusung tageline #KopiPerubahan#,  media ini berhasil mewawancarai wakil bupati Herry Ngabut beberapa waktu lalu. Herry menjelaskan :

“Gerakan awal kami yaitu menggembalikan suasana kebathinan staf. Karena akibat politik kemarin,  maka staf jadi  terkotak-kotak, dan  dengan mengembaikan suasana kebathinan mereka,  maka kontrak politik bupati yang termakutub dalam RPJMD akan berjalan,  sebagai visi misi pasangan bupati dan wakil bupati.” Ungkap Herry.

Karenanya dalam beberapa hari usai pelantikan, pasangan ini melakukan kunjungan ke OPD dan pertama  memberi perintah apa-apa yang harus dikerjakan terutama dalam rangka penyusunan RPJMD ini.

Kedua meminta atensi dari  semua komitmen dari semua birokrasi untuk memastikan selaku desainer seklaigus sebagai eksekutor lapangan supaya visi misi bupati bergerak.

“Jadi sepetti  janji-janji kita dalam pertemuan dengan masyarakat, yang dibutuhkan dari semua elemen masyarakat terutama birokrasi adalah supaya berjalan sesuai komitmen, sedemikian rupa supaya komitmen harus berjalan. Harus konsisten cara berpikir. Tidak bisa tidak, kita ini satu dan harus nyatakan dukungan kepada atasan, bupati dan wakil bupati tetpilih. Apa pun visi misi, komitmen kita.” Tandas Herry Ngabut.

Hal.yang paling mendasar di Mangarai, ungkapnya lagi,  adalah infrastruktur jalan. “Karena struktur APBD  2021 Manggarai masih sisa APBD tahun ke 5 bupati lama, kita jalan dulu. Tapi diawal 2022 awal dari kontrak politik kita jalan.” Ujarnya.

“Jadi perhatian terhadap perbaikan infrastruktur jalan menjadi sebuah keharusan.  Kita juga berencana melakukan peminjaman melalui Kemenkeu yaitu pada PT SMI. Agar percepata perbaikan infrastruktur jalan lebih panjang lagi.” Ungkapnya.

“Target infrastruktur jalan di 2022 dalam pemerintahan kita belum bisa dipastikan, tunggu RPJMD selesai. Namun dari pemerintahan lama sudah dikerjakan 69-70% sisa hanya 30-40%. Target penyelesaian tergantung struktur APBD Manggarai dulu. 2021 adalah tahun sulit,  sedangkan 2022 kita akan lihat setelah melakukan pinjaman dengan PT SMi.” Ujarnya.

Selain jalan, maka listrik, akan jadi prioritas yang akan diselesaikan sampai 2023

“Dan itu butuh koordinasi dengan PLN, karena dibawah uruaan  BUMN,  tugas kita kedepan akan tetap lakukan koordinssi.  Tapi kita punya SDA Ulumbu yang keren. Jika ikut pikiran presiden Jokowi maka sampai 2024 paling tidak Manggarai teranglah. Itu soal Elektrifikasi,” pungjasnya optimis.

“Sedangkan kebutuhan utama masyrakat yang lain adalah ketersediaan air minum yang kita akan usahakan dengan melihat debit air. Jalan, listrik dan air paling mendesak.” Lugas dijelaskannya.

Untuk bidang pendidikan, menurut Herry mereka  punya program rehab-rehab sarana pendidikan SD dan SMP.

Sedangkan pada sektor kesehatan di Mangarai, ungkapnya,

“Adalah masalah managemen pelayanan di bidang kesehatan.  Jadi dia berkutat pada tiga hal, yaitu aspek SDM, keahlian dll, sda keungan karena m ini juga penting dan itu juga berujunga pada kebutuhan sarana penunjang pelayanan kesehatan dan terakhir semua bisa befjalan dengan baik jiksa semua ini dibungkus dengan aturan.

Jadi tugas bupati dan wakil bupati, memang sedkit ditahun 2021 ada penurunan struktur APBD akibat recofusing akibat Pandemi.

Kita berharap tahun depan, setelah pandemi berlalu, dan kebijakan berubah, maka.struktur APBD akan kembali normal.

Sumber PAD Manggarai pajak dan dan retribusi daerah. Posisi sekarang PAD hanya Rp103M dan sednag kita dorong menjadi Rp110M.

Bidang pariwiaata sedang kita gwnjot agar ada rembesan dadi Manggarai Barat sebagai kabupaten dengan deatinasi super premium. Kita juga sedang lakukan perbaikan dibeberapa destinas pariwisata estate kita yang kuta anggap sebagai destinasi pariwisata andalan seperti Wairebo atau kampung diatas awan, termasuk Liang Bua dulu dikenal dengan manusia Flores yaitu destinasi alam  gua dengan fosil manusia.

Kita akan benahi perlahan-lahan yaitu infratsruktur jalan, dan lain-lain.||juli br