4 Kategori Juara LCC Museum Antar Pelajar SMP Se-kota Kupang, SMPS Adven Nusra Noelbaki Juara 1 

Birokrasi Migas Pendidikan Regional

NTT, TOPNewsNTT|| Lomba Cerdas cermat museum antar pelajar tingkat SMP/ MTs se-kota Kupang dan sekitarnya yang diselenggarakan UPTD Museum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari tanggal 27 Maret- 29 Maret 2023 ditutup hari rabu 29 Maret 2023. Hasil lomba cerdas cermat museum diraih oleh SMPS Adven Nusra Noelbaki menempati juara 1 dalam lomba cerdas cermat museum, menyusul juara 2 SMPN 11 Kota Kupang, juara 3 MTs Negeri Kota Kupang, Juara harapan 1 SMPK St. Yosef Naikoten Kota Kupang, Juara harapan 2 SMPN 1 Kota Kupang, Juara harapan 3 SMPN2 Kota Kupang. 

Acara ditutup oleh Kepala Seksi Edukasi dan Publikasi, Dr. Wenseslaus Gampur, M.Si mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada acara penutupan disampaikan bahwa lomba cerdas cermat museum antar pelajar tingkat SMP merupakan momentum untuk meningkatkan pengetahuan pelajar terkait dengan kebudayaan bangsa, sejarah perjuangan bangsa, tokoh2 Nasional, tokoh daerah dan juga lebih mengenal tentang benda koleksi museum. Benda koleksi museum memiliki nilai budaya yang sangat penting sebagai refleksi tata nilai kehidupan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Keanekaragaman budaya di Provinsi Nusa Tenggara Timur hendaknya menjadi kekayaan daerah yang berguna bagi kehidupan generasi penerus termasuk pelajar. Lewat lomba cerdas cermat museum, maka pelajar bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan yang lebih luas dari pengetahuan yang diperoleh di bangku sekolah. Lewat benda koleksi museum pula para pelajar bisa mengenal tentang sejarah perjuangan daerah di masa yang silam. Hal ini menjadi inpirasi bagi pelajar untuk lebih termotivasi untuk meningkatkan diri dan karakternya dalam semangat perjuangan melalui cita-cita Pendidikan.

Bagi Sekolah yang mendapatkan kesempatan untuk mengikuti lomba hendaknya menjadi motivasi untuk selalu belajar tentang arti nilai budaya di balik benda koleksi museum. Pelajar juga lebih mengenal tentang tatanan nilai budaya di Provinsi NTT dan mengenal budaya dan perjuangan bangsa Indonesia di masa lalu.|| jbr