Rabu, (16/1/2019) Wakil Walikota Kupang Serahkan 393 Sertifikat Program PTSL 2018 Kepada Masyarakat Kelurahan Manulai 2

0

Kota, Topnewsntt.com., Walikota Kupang dr.Hermanus Man hadiri dan serahkan secara simbolis 393 Sertifikat Program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap ) TA 2018 kepada 393 masyarakat Kelurahan  Manulai 2, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Penyerahan berlangsung di Kantor Lurah Manulai 2 pada Rabu, 16/1/2019 pukul 09.30 pagi.

Penyerahan simbolis dihadiri langsung oleh kepala BPN dan ATR Kota Kupang Thom More dan staff, Camat Alak Ridon Alexander Bire, Lurah Manulai 2 Gabriel Manek, Tokoh Masyarakat  Kelurahan Manulai 2 serta masyarakat pemilik sertifikat.
Ke 393 sertifikat program PTSL TA 2018 ini adalah realisasi usulan dari pemerintah kelurahan Manulai 2 sejak awal Januari 2018 dari keseluruhan jumlah usulan di tahun 2018 yaitu sebanyak 693 usulan.

Wakil walikota dalam sambutannya mengapresiasi kinerja BPN dan ATR Kota Kupang dalam penyelesaian proses administrasi sampai terbitnya ke 393 sertifikat ini. Herman Man juga berharap ditahun 2019 adalah tahun terakhir pemberian Sertifikat PTSL  seiring berakhirnya masa jabatan Presiden RI, maka bulan Maret 2019 adalah batas waktu  masukkan usulan dari kelurahan  sehingga dihimbau bagi masyarakat yang tanahnya belum punya sertifikat dapat memanfaatkan ruang waktu yang nasih tersisa sebelum pilpres 17 April 2019. Bagi masyarakat penerima, wakil walikota berpesan agar manfaatkan sebaik-baik mungkin sertifikat ini. Dan manfaatkan juga lahan yang ada jangan dibiarkan kosong. Tanami dengan jenis tanaman penghasil bahan pangan dan juga tanam air.

Wawali juga singgung fakta bahwa Kota Kupang jadi Kota terkotor dan himbau agar masyarakat bisa kelola sampah dan jangan buang sampah tempat. Manfaatkan TPS karena sampah dimulai dari rumah tangga. Sehingga wawali berharap setiap warga masyarakat mampu kelola sampah dengan demikian mendukung program pemerintah kota Kupang untuk jadi kota yang bersih. “Sampah dimulai dari rumah, jadi kelola sampah juga harus dari runah tangga masing-masing. Manfaatkan TPS sehingga bisa diangkut menggunakan Viar ke TPA. Agar Kota Kupang jangan jadi kota Terkotor di Indonesia.” Ajak Wawali.

Secara terpisah Thom…. kepala BPN dan ATR Kota Kupang kepada media ini menjelaskan bahwa 393 sertifikat tanah Program PTSL  TA 2018 ini adalah realisasi dari 693  usulan TA 2018 dari pemerintah kelurahan Manulai 2. Dan berharap masyarakat yang miliki tanah tapi belum bersertifikat segera lakukan pendaftaran dan untuk TA 2019 dengan kuota 2000 bidang lagi batas waktu masukkan berkas sampai Maret 2019. Dan ini Program terakhir Jokowi dalam 5 tahun era kepemimpinan beliau.

Thom More juga menjelaskan bahwa dari kuota 2000 bidang tahun 2018 100% terrealisasi. Dan targetnya untuk TA 2019 walau dalam limit waktu yang sempit akan terrealisasi seluruhnya. Sedangkan masalah yang paling mencuat dalam proses PTSL ini adalah masalah administrasi saja dan komplain terhadap kepemilikan tanah. Dan dari 693 usulan dari pemerintah kelurahan Manulai 2 ke 393 bidang tanah ini adalah yang tidak ada masalah.

Lurah Manulai 2  Gabriel Manek jelaskan bahwa sangat brterima kasih kepada pemkot dan BPN dan ATR Kota Kupang atas terbitnya dan penyerahan sertifikat hari ini. Dan berharap sisa usulan TA 2018 bisa segera terbit. “Minggu depan akan ada lagi penyerahan 300 lebih sertifikat usulan TA 2018.

Hal senada juga di katakan oleh Ridon Bire (Camat Alak) yaitu apresiasi kenerja Pemkot lewat BPN dan ATR Kota Kupang. Dan untuk kecamatan Alak sendiri, kelurahan Manulai 2 adalah kelurahan ke 5 yang sudah diserahkan sertifikat dari 12 kelurahan yang ada di Kecamatan Alak. **))juli br
.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *