Pendekatan Peran BI Ke Kaum Akademisi, BI Perwakilan NTT Gelar Tiga Kegiatan di Kampus UNWIRA Kupang

0

KUPANG, TOP NEWS NTT ■■ Demi mengenalkan dan dekatkan peran Bank Indonesia kepada kaum akademisi, BI Perwakilan NTT menggelar 3 kegiatan di Kampus UNIKA Kupang pada Kamis, 26/9/2019 yaitu Pengukuhan Badan Pengurus ISEI Cabang Kupang, Kuliah Umum dengan Thema ‘Mengenal Lebih Dekat Peran BI’ dan peresmian BI Corner di lantai 3 Kampus UNWIRA Kupang.

Pengukuhan badan pengurus ISEI Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia cabang Kupang periode  2018-2021 dilakukan oleh Destry Damayanti,S.H,M.Sc (Deputi Senior Gubernur BI Pusat) berdasarkan SK  pengesahan Ketua  Ikatan Pengurus  ISEI Pusat no : S.13.a/23.pp /ISEI/ 2018.

Hadir walikota Kupang, Kepala BI NTT
Waket 1 DR.Anton Kerihi mewakili Ketua ISEI cabang Kupang (Jems Adam), sampaikan pernyataan bahwa ISEI Cabang Kupang 2018-2021 punya program kerja laksanakan konsolidasi dan pembehanan kepengurusan dan sosialisasi kegiatan, terbitkan buletin dan esai tentang managemen, ekonomi dan akuntasi,  penelitian managemen, ekonomi dan akuntansi dan terutama  mendukung visi misi  gubernur dan wakil Gubernur NTT dalam wujudkan ‘NTT Bangkit menuju masyarakat NTT Sejahtera dalam Bingkai NKRI’  ISEI Cabang Kupang  meminta bantuan pemimpin ISEI Pusat, Gubernur NTT, walikota Kupang dan pimpinan BI NTT dan semua pimpinan dunia Perbankkan di kota Kupang agar dukung penuh kegiatan dan program ISEI Cabang Kupang.

Pembicara dalam kuliah umum adalah Destry Damayanti,SE,M.Sc Deputi Gubernur Senior  BI dengan moderator Dr.Henny A.Manafe,S.E,M.M Dosen FE Unwira.

Pada sambutannya, Destry menjelaskan bahamwa ISEI telah berdiri sejak 14 Januari 1955, atau  64 tahun ISEI berkarya. ISEI memiliki 52 Cabang yang tersebar di Provinsi, Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

Dalam rentang waktu yang panjang sudah cukup banyak peran dan sepak terjang ISEI dalam perjuangan pembangunan ekonomi Nasional. Hal ini sesuai dengan manifesto ISEI agar mengambil peran positif untuk kemajuan kesejahteraan masyarakat; mengembangkan
Ilmu Ekonomi; dan enyampaikan pemikiran-pemikiran ekonomi yang sejalan dengan falsafah Pancasila.

Sejalan dengan dunia yang terus berubah, Perkumpulan ISEI perlu berubah lebih dinamis mengikuti perubahan global yang VUCA.

Ada tiga (3) tantangan yang kita hadapi dalam era digital economic  saat ini yaitu;
a. Kondisi ekonomi global yang penuh ketidakpastian, ditengah kondisi kenaikan suku bunga Fed, dan ketegangan perdagangan antara USA dan Tiongkok.
b. Perlu adanya rumusan upaya bersama untuk memajukan ekonomi Indonesia agar
terhindar dari middle income trap antara lain dengan mendorong pertumbuhan
ekonomi, menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan mengurangi
kesenjangan ekonomi antar daerah.
c. Mempersiapkan dan meningkatkan potensi ekonomi digital agar bermanfaat bagi ekonomi kerakyatan.

Untuk menjawab tantangan dan perubahan tersebut, ditetapkanlah Visi ISEI 2018-2021 yaitu “Menjadi lembaga yang berkontribusi nyata bagi kemajuan ekonomi nasional dengan didukung oleh penguatan sinergi bersama pengampu kebijakan, baik di pusat dan daerah”

Pengurus ISEI diharapkan harus dibangun berlandasan 3 pilar utama yaitu: Penguatan peran ISEI dalam perumusan kebijakan,  Penguatan peran
ISEI untuk meningkatkan kualitas akademis & riset di perguruan tinggi dan penguatan kelembagaan ISEI dari pusat hingga daerah demi pemantapan peran ISEI dalam ikut mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di setiap daerah termasuk Kota Kupang, NTT.

Acara selanjutnya adalah pemberian  kuliah umum oleh Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti,S.E.,M.Sc.

Pater Filipus Tule  Rektor UNWIRA Kupang (Dr.Philipus Tule,SVD) dalam sambutannya menyampaikan
ucapan terima kasih kepada BI karena sudah membuka BI Corner bagi Unwira dan gelar kuliah umum ‘Mengenal Lebih Jauh BI.’ Filipus juga minta perhatian dan bantuan Bank Indonesia bagi pengembangan sarpras dan cost operasional program akademik lewat penyampaian proposal bagi kemajuan Unwira dan minta BI beri beasiswa bagi mahasiswa tidak mampu di UNWIRA Kupang.

Pesan kepada kaum akademisi yang ikut kuliah umum, Pater Filipus mengingatkan bahaya kejahatan bank  (crime bank) dalam berbagai bentuk misalnya crime white colar akibat kemajuan teknologi.

Tujuan pembukaan BI Corner adalah untuk mendekatkan pengetahuan para akademisi tentang peran BI. Dan diharapkan ISEI dapat memperoleh berbagai input dalam penyusunan program kerja ISEI dari aspek managemen, ekonomi dan akuntansi.

Seluruh rangkaian kegiatan diakhiri dengan penyerahan sejumlah bantuan sarana prasarana bagi 4 sekolah di Kota Kuoang dan Kabupaten Kupang; SMA Seminari St.Rafael Kupang, Lembaga Pendidikan Hindu Pasraman Parisada Hindu Dharma (PHDI) Kupabg, Madrasah Tsanawiyah (MTS) Plus Nurul Iman Kota Kupang dan SMP Kristwn 2 Amarasi Kabupaten Kupang oleh Destry Damayanti ■■ juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *