Kantor ATR/BPN Kabupaten Kupang Canangkan Zona Integritas Wilayah Bebas KKN dan Bersih Melayani

0

Oelamasi, Top News NTT., ■■ Kementerian ATR/BPN, Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang, NTT, pada Kamis (28/2/2019) bertemapat di halaman depan Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang, Jl. Timor Raya, Km 36, mencanangkan Zona Pelayanan Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Zona integritas dibangun berdasarkan reformasi birokrasi yang ada dan merupakan salah satu langkah awal untuk melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang baik, efektif dan efisien, serta pimpinan dan jajarannya yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan wilayah birokrasi bersih dan wilayah birokrasi bersih melayani, khususnya dalam hal pelayanan publik,” ujar Plt. Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang, Azis Barawasi dalamm sambutannya.

Azis Barawasi mengajak semua pihak dapat mendukung pembangunan Zona Integritas pada Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang agar dapat menjadi kantor pelayanan publik yang bersih dan bebas dari tindakan KKN dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

Hal senada juga dikatakan Tenaga Ahli Bidang Pengawasan Menteri ATR/BPN, Ninik Mariyanti.
Bahwa segala bentuk tindakan suap menyuap, pemerasan (pungli) dan gratifikasi, ditegaskan Ninik adalah hal  harus dihindari.  Dan bagi siapa saja, yang melanggar harus diproses hukum!.

Lanjut menurut Ninik, dalam pelayanan kepada masyarakat, harus memberikan yang terbaik sesuai dengan apa yang ditanamkan dalam hati sebagai abdi negara sesuai dengan deklarasi yang telah diucapkan oleh ASN dan Pegawai Pemerintah Non PNS Kantor Pertanahan Kabupaten Kupang.
“Apa yang diucapkan harus  bisa dipertanggungjawabkan dan merupakan komitmen dan niat yang tulus dalam memberikan pelayanan tanpa korupsi. Ucapan tersebut merupakan ucapan sakral yang harus dinyatakan dalam pelaksanaan tugas,” Ninik mengingatkan.

Karena deklarasi ini juga, jelas Ninik, mengandung konsekuensi yaitu selaku penegak hukum dalam hal ini kepolisian dan kejaksaan, jika ada laporan tindak pidana korupsi di BPN Kabupaten  Kupang harus diproses sesuai prosedur yang berlaku.

Sementara Plt.Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya mengatakan kesuksesan yang berhasil datangnya dari niat dan tekad yang bersih sebagai aparat dalam tugas pelayanan secara efektif dan efisien dalam menjalankan tugas terutama bebas korupsi.

Sebagai aparat menurut Masneno ditugaskan untuk selesaikan soal, karena dituntut untuk ambil keputusan.
“Dalam mengambil keputusan haruslah cepat dan tepat sesuai dengan satu aturan yakni integritas diri. Apa yg dipikir, dikatakan berjalan sejajar dengan apa yg dilakukan dalam menjalankan tugas,” tandasnya.

“Hidup ini terbatas, jangan hanya berpikir yang sulit melainkan menjalankan tekad dan niat yg tulus sehingga yang sulit menjadi lebih mudah,” imbuhnya

Korinus juga berpesan, dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab harus maksimal penuh sukacita supaya masyarakat bisa menikmatinya.

Acara ini dihadiri juga Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Propinsi NTT, perwakilan Kejaksaan Negeri Kupang, Kepolisian, Ombusdman RI perwakilan NTT, serta pimpinan OPD Pemkab Kupang. ■■ juli br

Sumber : Pantauan Jurnalis Kupang Media, Eric Tangkere dari kegiatan liputan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *