Dubes Seychelles Buka Kesempatan Berinvestasi Pariwisata Bagi NTT Di Seychelles

0

NTT, Topnewsntt.com. Duta Besar Seychelles atau Seiselensa, Nico Barito sebuah  negara berbentuk Republik  Nikodemus berkunjung ke Pemerintah Provinsi NTT dan diterima oleh Wakil Gubernur NTT bersama Pimpinan SKPD terkait di ruang rapat gubernur pada Senin, 24/12/2019.  Negara Seychelles  sebuah negara kepulauan yang mencakup sebuah kepulauan dari 115 pulau di Samudera Hindia di Samudra Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar.

Kunjungan dubes Republik Seychelles sebuah negara bekas jajahan prancis dan prnh dalam comond well dg amerika. Negara kecil 115 pulau di laut india (lbh bsr dr sngpura) punya Ona laut yg luas dan tg jwb kelautan yg bsr. Ada 3 gugusan pulau utara timur dab selatan. Yg srg di kuasai oleh bajak laut somalia.  (Nico Barito) menyatakan dalam kunjungan ke Pemprov NTT di terima oleh wagub NTT  dan semua unsur pariwisata prov ntt, kab dan kota.
Membahas masalah pariwisata secara keseluruhan terutama maritim dalam hubungan dengan Indonesia. Terkait kerja sama pengelolaan wilayah laut fan udara dalam pembangunan pariwisata. Niko sebutkan bahwa Seychelles ada sda dan destinasi wisata yg bagus seperti membuka jalur penerbangan sebagai sebuah konektifitas. Niko menyebutkan negara Seychelles sangat aktif dalam pengembangan kerja sama.  Dan punya kesamaan persepsi dalam penetapan tarif yaitu 10%. Seycelles tidak bisa bergerak sendiri dalam pengembangan negara dalam berbagai aspek. Sehingga perlu mengundang negara lain berinvestasi di sana dengan memberi kemudahan seperti pembayaran pajak bagi negera yang akan berinvestasi disana. Baik pajak di dlm negara Seychellels sendiri maupun dalam negara investor. Ini sebagai langkah promosi pemerintah negara Seychelles dalam pengembangan pariwisata negara ini.

Negara ini jelas Niko memiliki alam yang indah, pantai dan wisata alam bawah laut yg indah. Dan kelapa Seychellels yang unik. Sebagai tanaman langka (coconut mark) dengan warna buah pink. Itulah keunikan Seychelles. Dan itu ada dalam konservasi negara dan tidak bisa dijual atau diekspor hnya sebagai cinderanata. Dan harus dimatikan selnya.

Komitmen negara Seychelles sangat tinggi menjaga potensi pariwisata dalan menjaga kebersihan yang sudah jadi bduaya karena dilatih untuk bermental pariwisata. Niko anjurkan agar dana yang kecil jangan jadi alasan dalam pengembangan sektor pariwisata di NTT. Dan itu yang sudah dilakukan oleh negara Seychelles.  Niko promosi bahwa jaminan kebersihan di negara ini sangat bagus karena mental pariwisata itu.

Niko menyatakan dukungan terhadap ekonomi mikro sangat penting dan harus diberikan oleh pemerintah provinsi NTT. Pengembangan pariwisata di Seychelleses selalu mengedepankan keseimbangan alam dan kenyamanan wisatawan. Keseimbangan seluruh aspek sangat diperhatikan.

Niko menyinggung sistem pengelolaan investasi di Indonesia masih sangat tidak mendukung kebutuhan masyarakat kecil lokal.

Dinas-dinas harus sepaham dalam pengembangan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian masyarakat NTT. Argo tourisme adalah salah satu anjuran dari dubes Seychelles.

Iajuga anjurkan semua pimpinan dinas dan semua unsur stakeholder harus bekerja sama dalam mendukung program kerja gubernur dalam pengembangan pariwisata.

Niko sebagai dubes Seychelles untuk Indonesia membagi hal positif dalam kebijakan negara itu dalam membangun pariwisata.

Niko juga menyinggung buruknya penataan pelaku ekonomi kuliner di obyek wisata yang mengurangi keindahan alam yang menjadi unggulan. Sehingga mengurangi daya tarik obyek wisata tersebut.

Pemerintah Seychelles mendukung program kerja gubernur dan wakil gubernur dan menawarkan investor ke negara Seychelles. Dinas dan jajarannya harus komitmen dalam pengembangan pariwisata di NTT.

Karena NTT punya potensi pariwisata yang sangat besar dan bagus untuk di angkat. Wisata kuliner, religi, budaya dll. NTT kaya kata Nikodemus diakhir pemaparannya. Dan NTT harus bermitra dengan negara lain dalam penembangan berbagai potensi pariwisata NTT.

Wakil gubernur Nae Soi meminta semua dinas harus sinergi dan mendukung program kerja gubernur dan wakil gubernur ntt agar pariwisata NTT maju dan ekonomi juga maju.

Dubes besok akan lakukan kunjungan ke beberapa panti asuhan untuk memberi sumbangan. Niko menjelaskan bahwa konsep pengembanga pariwisata sebenarnya hanyalah masalah sederhana yang harus ada niat. Seychelles sangat konsern dengan pembangunan pariwisata dengan hanya memilik 8 dubes di 8 negara tapi memiliki 28 duta wisata di 28 negara.
Dan NTT harus banyak belajar dari negara ini.

Niko sarankan agar semua pihak mau melihat NTT sebagai kesatuan dalam membangun pariwisata.
Niko buka-bukaan jika di negara Seychelles orang hanya mengenal NTT dengan Komodo saja dan tidak ada daya tarik apa-apa. Padahal banyak potensi sda dan sdm di NTT yang biss di jadikan komoditi pariwata. Keatifan lokal darrah di NTT harus diangkat sebagai komoditas pariwisata. Jika fasilitas tidak besar maka Niko sarankan menjual dengan margib tinggi. Bangun NTT dari desa wisata dan masyarakat sekitar obyek wisata harus ikut menjadi pelaku ekonomi kreatif dan sejahtera.

Wagub NTT ambil kesimpulan dari semua diskusi agar pembangunan pariwisata NTT harus melibatkan semua sektor. Dan semua lini diangkat. Harus ada wireless dan ada kreatifitas dengaj membangun fasilitas dan infrastruktur di semua obyek wisata.

Gubernur minta semua dinas dan SKPD buat program untuk bangun pariwisata NTT. **)) juli br

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *