Di Kelurahan Nasipanaf, Yohanes Sason Helan Janji Komit Bangun NTT Lewat UMKM

Figur Legislatif Warta Kota

NASIPANAF-KUPANG, TOPNewsNTT.com|| Yohanes Sason Helan, dalam kampanye di kelurahan Nasipanaf, Matani menyatakan komitmen akan membangun NTT lewat UMKM. Alasan ia membangun NTT dengan membangun UMKM selain karena pengalaman pelayanan 30 tahun menjadi GM KSP KOPDIT Swastisari yang nota bene membangun UMKM masyarakat lewat anggota, karena fakta selama pandemi covid dimana ekonomi NTT mampu bertumbuh karena pelaku UMKM tetap survive dibanding sektor usaha menengah ke atas yang malah colaps karena pandemi Covid. Sehingga potensi UMKM ini harus diangkat dan jadi perhatian pemerintah dan semua sektor untuk dibangun karena terbukti mampu memperkuat sendi-sendi perekonomian bangsa Indonesia. Sebagai legislatif dukungan harus diberikan lewat penganggaran dan aturan yang memberikan akses luas dan mudah agar sektor ini bertumbuh pesat.

Selain itu Jon Helan juga ungkapkan alasan ia maju sebagai caleg DPR RI Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan Nomor Urut 5 di Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 2 wilayah Sumba, Sabu, Timor, dan Rote pada Pileg 14 Pebruari 2024 nanti karena dorongan kuat konstituennya yang sudah merasakan kebaikan dan perbuatan nyata dirinya selama 30 tahun menjabat GM KSP KOPDIT Swastisari.

Perngakuan penuh kerendahan hati Jon Helan-sapaan akrab red, dinyatakan saat lakukan kampanye terbatas di Kelurahan Nasipanaf, Matani, Senin, 15 Januari 2025.

Jon Helan lantas mengakui bahwa setiap perbuatan baik pasti memiliki sisi buruk yang dinilai oleh orang lain, namun dirinya akan terus melakukan perbuatan baik selama ia masih hidup dan jika dipercaya sebagai wakil rakyat periode 2024-2029 nanti.

Pernyataan Jon Helan ini mencerminkan sikap keterbukaan dan kejujuran yang menjadi dasar filosofi perjuangannya selama menjabat GM dan jika dipercaya menjadi wakil rakyat.

Yohanes Sason Helan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI melalui PPP dengan Nomor Urut 5 sebagai bentuk dukungan dari semua pihak yang telah merasakan kebaikan dari perbuatannya.

Dapil NTT 2 yang mencakup Sumba, Sabu, Timor, dan Rote menjadi panggung bagi perjuangannya yang didasarkan pada nilai-nilai kejujuran dan pelayanan kepada masyarakat.

Sebagai calon dari PPP, Helan menyuarakan niat tulusnya untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya memilih pemimpin yang tidak terjerat dalam praktik politik yang tidak jujur.
Ia menekankan pesannya kepada masyarakat agar tidak memilih orang yang hanya berusaha memenuhi kepentingan pribadi, khususnya mereka yang menggunakan uang untuk membeli dukungan rakyat.
“Kita tidak boleh memilih orang yang hanya datang mengumpulkan uang selama 5 tahun di senayan pada akhhirnya kembali untuk membeli suara kita. Kita sudah melihat bagaimana anggota DPR RI selama ini, dalam masa jabatannya, seringkali lupa akan masa kampanye dan malah datang hanya untuk membeli suara dengan uang rakyat,” tegas Yohanes Sason Helan.

Helan menegaskan bahwa tindakan tersebut merugikan rakyat dan menghancurkan esensi demokrasi.

Sebagai calon independen, ia berkomitmen untuk memberikan perubahan positif dengan fokus pada kejujuran, keterbukaan dan pelayanan kepada masyarakat.

Dukungan penuh dari penduduk setempat, terutama dari Metani dan Nasipanaf, Kabupaten Kupang, NTT, menjadi modal penting bagi Helan dalam menjalani kampanye menuju pemilihan legislatif.

Warga percaya bahwa Helan adalah sosok yang dapat mewakili aspirasi dan memperjuangkan kepentingan rakyat, terutama dalam mendukung UMKM.

Salah satu warga yang tidak ingin disebutkan namanya menyatakan keyakinannya bahwa pada suatu saat, setiap orang akan menyadari kontribusi besar yang telah dilakukan oleh Yohanes Sason Helan untuk kesejahteraan masyarakat.
“Kita butuh perwakilan di DPR RI yang benar-benar peduli dengan kepentingan rakyat, bukan hanya berpura-pura selama masa kampanye. Saya hadir sebagai solusi, sebagai suara rakyat yang tidak terjebak dalam praktik politik yang tidak sehat,” tambahnya.

Masyarakat di Dapil NTT 2, yang meliputi Sumba, Sabu, Timor, dan Rote, diharapkan dapat mengakui peran penting mereka dalam memilih pemimpin yang benar-benar mewakili dan mengabdi kepada kepentingan rakyat.

Yohanes Sason Helan berjanji untuk menjadi perwakilan yang berintegritas dan berkomitmen untuk membangun keadilan dan kesejahteraan bersama terutama memperdayakan UMKM.

“Dengan Nomor Urut 5 dari PPP, saya berharap dapat menjadi suara rakyat di DPR RI dan membawa perubahan positif untuk masyarakat Dapil NTT 2 serta Indonesia secara keseluruhan.
Mari¬† bapa mama untuk bersama-sama membangun masa depan yang lebih baik dengan memilih pemimpin yang memiliki integritas dan komitmen nyata untuk rakyat.” Tegas Jon komit.||jbr