Cegah terjadinya gangguan keamanan di kota Kupang, pemkot gelar bimtek

Birokrasi Warta Kota

KUPAMG, TOP NEWS NTT ■■ Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota (Kesbangpol) kota Kupang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kerjasama dengan Aparat Keamanan dalam Teknik Pencegahan Tindak Kejahatan Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) se-Kota Kupang dengan tema “Memperkokoh Wawasan Kebangsaan Dan Karakter Bangsa Melalui Pencegahan Kejahatan, Radikalisme Dan Terorisme“, di Aula Sasando yang dibuka oleh Wakil Wali Kota Kupang, dr. Hermanus Man, Senin (29/10).

Bimtek dilaksanakan sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).  Pemerintah Kota Kupang melalui Badan Kesbangpol Kota Kupang telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak untuk secara berkelanjutan memberikan Bimtek, Sosialisasi dan Pencerahan kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Kupang agar dapat mengantisipasi dan menangkal setiap pengaruh negatif dengan membudayakan kewaspadaan dini melalui deteksi dini dan cegah dini.

“Sebagai warga masyarakat Kota Kupang tentunya Kita tidak menghendaki adanya kerusuhan dan kekacauan di kota ini. Apalagi Kota Kupang adalah salah satu daerah yang rentan/rawan terhadap hal-hal negatif seperti penjualan obat-obat terlarang, pergaulan bebas, minumam keras (miras) dan penyebaran berita-berita hoax”, ujar Wakil Walikota Kupang, dr. Hermanus Man.

Kepala Bidang Pengkajian Masalah Strategis pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Kupang, Jeriyanto R. R. Lakusa, SH selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa kegiatan Bimtek diikuti oleh 85 Peserta yang terdiri dari para ASN dari beberapa Perangkat Daerah, Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Kupang. Tujuan utama dari pelaksanaan Bimtek adalah untuk memberikan kepastian kepada masyatakat dalam hal peningkatan kualitas pelayanan, perlindungan (proteksi) kepada masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Di akhir sambutannya, Wakil Walikota, dr. Hermanus Man menghimbau kepada peserta Bimtek untuk menjadi motor penggerak bagi terwujudnya keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Kota Kupang. “Setelah Bimtek ini saudara-saudara sebagai ASN akan menjadi promotor dalam mewujudkan keamanan, kenyamanan dan ketertiban kota ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) saudara masing-masing”, harap Wakil Wali Kota Kupang.

Turut hadir  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Kupang, Noce Nus Loa, SH., M. Si, Kasat Intelkam Polres Kupang Kota, AKP Joni Nahak, SH dan Kasie Intelegen Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Kris Malaka, SH.  Materi yang dibahas dalam Bimtek ini antara lain Teknik-Teknik Kerjasama Intelijen dalam Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Kejahatan di Kota Kupang, Peranan Kejaksaan dalam Meminimalisir Tindak kejahatan dalam upaya Menjaga Keamanan, Ketenteraman dan Ketertiban masyarakat di Kota Kupang, dan Peranan Kesbangpol dalam peningkatan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan.■■ editor : juli br /topnewsntt.com

Sumber : SP  bagian Humas kota Kupang