Bupati Dapawole ikut diskusi daring bersama KPU, tahapan pilkada 2020 ditetapkan pada 15 Juni

0

WAIKABUBAK, TOP News NTT ■■ Bupati Sumba Barat Drs.Agustina Niga Dapawole didampingi plh.Sekda para asisten dan para perangkat daerah terkait mengikuti Rakor melalui Video Conference bertempat di Aula Kantor Bupati Sumba Barat, Selasa, 2/06.

Video Conference ini melibatkan juga 270 kepala daerah dari wilayah penyelenggara plikada serentak 2020 yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dilakukan  secara daring demi mendiskusikan hal-hal yang akan  memastikan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) akan dimulai kembali 15 Juli 2020 mendatang.

Menurut Komisoner KPU I Dewa Kadek Wiarysa Rakasandi, hal itu telah tertulis dalam Per-KPU perubahan atas PKPU Tahapan Program dan Jadwal Pilkada 2020.
“PKPU Perubahan ini telah diharmonisasi pada Minggu, 31/05/2020. Lalu substansinya tahapan kada dilanjutkan psda 15 Juli.” Ucap Raka Sandi dalam diskusi daring tersebut. Untuk memulai tahapan tersebut, KPU akan mengaktifkan kembali Badan Penyelenggaraan Adhock yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kemudian tahap pemungutan suara akan jatuh pada 9 Desember 2020.

Raka Sandi juga memastikan masukan dari sejumlah pihak terkait telah diterima dalam harmonisasi sehingga, draft PKPU Perubahan itu sudah siap disahkan.”Tinggal proses administrasinya” Tambahnya.

Sebelumnya, presiden Joko Widodo menandatangani peraturan pemerintahan pengganti UU (Per-PPU) no.2 tahun 2020.

PerPPU ini mengatur penundaan Pilkada serentak 2020 dari September menjadi Desember. Atau bisa lebih lama lagi tergantung situasi Pandemi Covid-19 di tanah air.

Untuk diketahui, Pilkada Serentak 2020 akan digelar di 270 wilayah di Indonesia. 270 wilayah itu meliputi : 9 Provinsi,  224 Kabupaten dan 37 Kota.

Semula, hari pemungutan suara akan digelar pada 23 September, namun akibat wabah Covid-19 tahapan pilkada sempat dihentikan sementara.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “KPU Pastikan Tahapan Pilkada 2020 akan dilanjutkan pada 15 Juni 2020.” ■■ juli br

Sumber : SP Bagian Humas Pemda Sumba Barat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *