Ade Ray Hadir Di Kupang Beri Sosialisasi Tentang JKN-KIS dan Tips Pola Hidup Sehat

Kesehatan Warta Kota

KUPANG, TOP NEWS NTT ■■ Kepala BPJS Cabang Kupang diwakili oleh Gede Andika Kabid Kepesertaan menyatakan bahwa tujuan kegiatan hari ini adalah memberikan informasi dan tips pola hidup sehat agar mengurangi biaya pengobatan dan membantu pemerintah menghemat triluan rupiah  setiap tahunnya.

Sosialisasi ini dibawakan oleh Ade Ray A
atlit Bina Raga dan artis hadir di Kupang pada Sosialisasi JKN-KIS dan Pola Hidup Sehat yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kupang, yang digelar di Aula SPN Kupang pada Jumat, 27/9/2019.

Peserta Sosialisasi adalah oma opa dari komunitas Polaris dan Gym, mahasiswa dan media.

Ade menjelaskan bahwa penting pola hidup sehat dibiasakan oleh semua orang karena biaya pengobatan sangat besar.

Namun bersyukur karena negara Indonesia lewat pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kesehatan menyediakan subsidi bagi msyarakat tidak mampu Indonesia untuk memberikan bantuan penerbitan kartu JKN-KIS diseluruh Indonesia. Triluyan rupaih setiap tahun dikucurkan oleh pemerintah pusat lewat Kementerian Kesehatan untuk membiayai kesehatan masyarakat.

Pemerintah RI menurut Ade sangat terbeban dengan makin banyaknya masyarakat yang sakit. Sehingga terjadi defisit setiap tahun akibat pembiayaan salah satunya dibidang kesehatan.

Karena itu Ade menyatakan masyarakat bisa menolong agar tidak terjadi defisit adalah dengan menganut pola hidup sehat. Menjaga kesehatan bisa dimulai dari diri sendiri dan bisa ditularkan kepada orang lain. Dengan menjaga pola makan sehat, pola hidup dengan berolah raga dan merubah mindset berpikir.

Kesehatan adalah investasi bagi kehidupan setiap manusia untuk jangka panjang. Investasi kesehatan seperti tanaman sejak ditanam dan dirawat dan bunga adalah investasi dari sebuah proses pola hidup sehat. Dan untuk semua ini dibutuhkan pola kecerdasan tentang kesehatan yang baik dan tepat.

Ibarat tanaman, jika sehat maka akan hasilnya bunga dan buah. Dan jika bunga dan buah layu, maka akarnya yang disiram agar bunga dan buah segar kembali. Bukan bunganya yang disiram, demikian juga dengan tubuh jika ingin sehat maka kita harus merawat tubuh dan pikiran dengan menjaga pola hidup, pola makan dan pola pikir.

10 penyakit berbahaya adalah diabetes, jantung, kanker,

Ibarat sampah yang sebabkan bau dalam ruangan, tindakan seharusnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Tapi yang terjadi kita selalu memberi pewangi ruangan; maka ruangan akan tertolong sebentar berubah wangi tapi sampah akan makin bau karena tidak dikeluarkan.

Tindakan pola hidup sehat adalah seharusnya membuang sampah bukan membeli pewangi ruangan. Seperti tubuh kika sakit tertentu bukan mengkonsumsi obat makin banyak, tapi seharusnya merubah pola hidup, pola makan dan pola pikir. Jika itu bisa dilakukan dan dibiasakan, maka tubuh akan sehat dan biaya berobat akan berkurang. Dengannya kita membantu pemerintah mengurangi biaya subsidi pemerintah lewat pemberian JKN-KIS. ■■ Juli br